get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

UPTD Abadijaya Jaga Kesehatan Lansia Pengidap Penyakit Kronis Lewat Program Prolanis

Kamis, 25 April 2024 | 11:55 WIB
header img
Pelaksanaan program Prolanis oleh UPTD Puskesmas Abadijaya. Foto : ist.

DEPOK, iNews Depok.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Abadijaya rutin memperhatikan kesehatan warga di wilayahnnya.

Beragam program dibuat UPTD Puskesmas Abadijaya untuk menjaga pola hidup sehat di masyarakat.

Salah satu bentuk nyatanya adalah dengan melakukan kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) kepada lansia di wilayah Kelurahan Abadijaya dan Kelurahan Cisalak. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Abadijaya tersebut berupa senam bersama, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

Penanggung Jawab Program Prolanis Puskesmas Abadijaya, Adjeng Verawati mengatakan, program ini dimaksudkan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis dapat mencapai kualitas hidup yang optimal. 

Tentunya dengan pemeriksaan yang spesifik terhadap penyakit diabetes melitus (DM) dan hipertensi yang baik untuk dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

“Program prolanis ini rutin kami lakukan untuk para lansia agar mereka dapat mengetahui indikator kesehatannya untuk dapat beraktivitas secara optimal,” tuturnya.

Adjeng menambahkan, kegiatan prolanis dimulai dengan senam bersama. Senam dilakukan untuk meningkatkan status kebugaran para lansia.

Selanjutnya, lansia diberikan penyuluhan kesehatan agar dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit dan menjaga pola makan untuk kesehatannya.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan gula darah sewaktu dan tekanan darah untuk mengetahui indikator kesehatan lansia,” tutupnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut