get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ulfatun, Anak Buruh Ukir Hidup Pas-pasan, Raih Beasiswa S2 di UGM Lulus IPK Cumlaude 3,89

Kisah Nadya Andini, Penyandang Tunarungu Lulus ITS Cumlaude IPK 3,88

Selasa, 23 April 2024 | 11:11 WIB
header img
Nadya Andini saat wisuda di ITS, dia lulus cumlaude IPK 3,88. Foto: ITS Surabaya

SURABAYA, iNews.id - Kisah inspiratif datang dari Nadya Andini, seorang mahasiswi penyandang disabilitas di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dia menjadi salah satu dari 129 wisudawan ITS yang diresmikan pada Minggu (21/4/2024). Meskipun mengalami disabilitas, Nadya berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun dan meraih predikat cumlaude.

Meskipun lahir dengan gangguan pendengaran, Nadya menunjukkan tekad yang kuat untuk mengejar pendidikan tinggi. 

Dia berasal dari Departemen Studi Pembangunan ITS dan berhasil lulus dengan IPK 3,88, hampir mendekati sempurna. Prestasi ini diraih meskipun dia menghadapi berbagai kesulitan sebagai mahasiswa dengan kebutuhan khusus.

Nadya mengakui bahwa alat bantu pendengarannya tidak selalu efektif. Oleh karena itu, dia selalu duduk di baris depan untuk merekam penjelasan dosen dengan ponselnya. Dia kemudian meminta bantuan ibunya untuk menjelaskan rekaman tersebut di rumah.

Tidak hanya itu, Nadya juga mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang mayoritasnya adalah orang normal. Dia sering merasa kewalahan dalam berkomunikasi dengan teman-temannya karena pelafalannya yang kurang jelas dan kesulitan mendengar.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut