get app
inews
Aa Read Next : PT Mitratani Dua Tujuh Berkolaborasi dengan UD WND untuk Mendorong UMKM di Kabupaten Jember

Lebaran Kukusan Dongkrak Perekonomian Warga, Produk UMKM Diserbu Pengunjung

Minggu, 21 April 2024 | 20:21 WIB
header img
Stand UMKM turut memeriahkan Lebaran Kukusan. Foto : Ist.

DEPOK, iNews Depok.id - Lebaran Kukusan membawa berdampak positif bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya di wilayah Kukusan.

Tokoh Masyarakat asal RT 03 RW 04 Kelurahan Kukusan, Beji, Pradi Supriatna menilai, Lebaran Kukusan bisa mengangkat perekonomian UMKM. Pasalnya, panitia sengaja menggandeng UMKM untuk meramaikan kegiatan tersebut.

"Sisi lain yang kita lihat, bahwa ada dampak positif terhadap perekonomian UMKM yang digandeng. Bukan hanya itu, warung dan pedagang sekitar juga ikut merasakan keuntungan dari kegiatan Lebaran Kukusan," ujarnya.

Wakil Wali Kota Depok Periode 2016-2021 itu juga menuturkan, ada perputaran uang dalam kegiatan tersebut. 

Warga yang hadir memanfaatkan momen tersebut untuk berwisata kuliner melalui stand yang ada.

"Sempat ada masukan bahwa standnya kurang karena masih banyak UMKM yang tidak tertampung. Ini menandakan antusias mereka begitu tinggi dan sangat luar biasa. Mungkin ke depan titiknya bisa disebar di kegiatan lain, agar berdaya saing dan jasa kuliner tetap hidup," terangnya.

Sementara itu, Lurah Kukusan Abdul Manan menyampaikan hal serupa. Ia melihat antusias masyarakat dan pelaku ekonomi, baik UMKM dan pedagang kecil di sekitar, sangat tinggi. Warga tidak hanya sekadar hadir, tetapi juga membeli makanan dan minuman yang dijajakan.

"Alhamdulillah semua mendapat berkahnya dari acara Lebaran Kukusan. Baik UMKM, warga yang hadir, warung sekitar maupun panitia," sambungnya.

"Mudah-mudahan tahun depan acaranya bisa lebih baik lagi, dan kami mampu menampung seluruh UMKM yang ada di Kukusan untuk turut memeriahkan acara," tutupnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut