get app
inews
Aa Read Next : Tak Ikut Deklarasi Koalisi SS, Ini Jawaban Golkar Depok

Dandim Depok Tekankan Pentingnya Ekonomi Kerakyatan sebagai Pondasi Sistem Pertahanan Semesta

Sabtu, 30 Maret 2024 | 11:54 WIB
header img
Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iman Widhiarto tekankan pentingnya ekonomi kerakyatan sebagai pondasi sistem pertahanan semesta. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depok. id – Komandan Kodim (Dandim) Depok, Letkol Inf Iman Widhiarto, menegaskan pentingnya Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) dalam menjaga kedaulatan negara. Hal ini disampaikannya di Makodim Depok pada Jumat (29/3/2024).

Dandim Iman menuturkan bahwa Indonesia, sebagai negara besar dengan jumlah penduduk nomor empat terbesar di dunia, memiliki potensi sekaligus tantangan dalam menyusun sistem pertahanannya. Oleh karena itu, Sishanta yang melibatkan seluruh warga negara menjadi pilihan tepat, dengan TNI sebagai motor penggeraknya.

“Revolusi tahun 1945 merupakan bukti bahwa kesemestaan menjadi kunci pertahanan Indonesia sehingga berhasil merebut kemerdekaannya,” ujar Dandim Iman.

Lebih lanjut, Dandim Iman menjelaskan bahwa TNI, khususnya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) setingkat Kodim hingga Babinsanya, memiliki peran penting dalam menyiapkan wilayah pertahanan sedini mungkin, untuk membina dan memelihara kesemestaan dalam sistem pertahanan Indonesia.

“Oleh karena itu, saya ingin mengimplementasikan ilmu pengetahuan, wawasan, pengalaman di bidang militer, teknologi, manajemen sumberdaya manusia, dan perekonomian yang saya miliki untuk memberdayakan potensi wilayah pertahanan sedini mungkin,” papar Dandim Iman.

“Pemberdayaan ini akan dimulai dengan membangun ekonomi kerakyatan di wilayah satuan teritorial yang akan saya pimpin. Sehingga ini menjadi bukti bahwa satuan teritorial TNI Angkatan Darat berperan vital sebagai ujung tombak sistem pertahanan negara yang bersifat semesta,” imbuhnya.

Dandim Iman juga menjelaskan bahwa motivasinya ini dilandasi oleh orientasi untuk mencapai nilai pengabdian dan kebermanfaatan tertinggi kepada organisasi TNI AD, masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia.

“Sehingga apa yang saya kerjakan menjadi ibadah saya di dunia dan akhirat,” tuntasnya.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut