get app
inews
Aa Read Next : Daftar 7 Ksatria Inggris Lebur di Tangan Raja Tinju Canelo Alvarez, Nomor 5 Terjungkal Pingsan

Canelo dan Valdez: Satu Guru Satu Ilmu, Hasil Tinju Mirip

Jum'at, 29 Maret 2024 | 05:33 WIB
header img
Saul Canelo Alvarez dan Oscar Valdez bersama sang pelatih Eddy Reynoso. Foto: Mikey Williams

DEPOK, iNews Depok.idSaul Canelo Alvarez dan Oscar Valdez berguru tinju pada pelatih yang sama, Eddy Reynoso. Tak heran, kedua petinju memiliki gaya yang sama. Hasilnya juga relatif sama, keduanya bergelimang prestasi dan sejauh ini sama-sama menelan 2 kali kekalahan.

Canelo dan Valdez memiliki umur yang sama, 33 tahun. Canelo lahir pada 18 Juli 1990 di Guadalajara, Meksiko. Sedangkan Valdez lahir di Nogales, Meksiko, 22 Desember 1990.

Dari sisi prestasi keduanya mirip. Hal yang membedakan, Canelo lebih dulu terjun di tinju pro pada 2005. Tak heran rekor bertanding Canelo mencapai 64 kali duel, 60 menang, 2 kalah dan 2 draw.

Sedangkan Oscar Valdez terjun di tinju profesional pada tahun 2012. Valdez lebih banyak menghabiskan waktu di tinju amatir.

Prestasi amatir Valdez lebih mengkilap dibandingkan Canelo. Valdez menyabet medali perunggu kejuaraan dunia tinju amatir tahun 2009 di Milan.

Valdez juga meraih medali emas Kejuaraan Tinju Dunia AIBA yang berlangsung tahun 2008. Lama berkecimpung di amatir, membuat Valdez relatif telat masuk tinju pro sebagaimana para petinju Meksiko pada umumnya.

Rekor bertanding Oscar Valdez 33 duel, 31 menang, dan 2 kalah.

Dari sisi persentase menang KO, keduanya juga mirip. Valdez mencatat kemenangan KO 69 persen. Sedangkan Saul Canelo Alvarez 60 persen.

Berguru pada pelatih yang sama membuat Valdez dan Canelo memiliki gaya yang sama. Keduanya bergerak secara efisien dengan melontarkan pukulan keras yang efektif melalui hook kanan dan kiri.

Untuk menghindari pukulan lawan, keduanya lihai menggerakkan kepala. Nilai plus Canelo dibandingkan Valdez adalah dari sisi ketahanan. Canelo lebih tahan pukul dibandingkan Valdez.

Dari sisi kekalahan juga mirip. Canelo dan Valdes kalah dari petinju yang memiliki pergerakan bagus dengan pukulan akurat dan daya tahan tinggi.

Canelo kalah dari Floyd Mayweather Jr dan Dmitry Bivol. Sedangkan Valdez kalah dari Shakur Stevenson dan Emanuel Navarrete.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut