get app
inews
Aa Read Next : Enam Jenazah Korban Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Dimakamkan, Keluarga Tak Kuasa Tahan Tangis

Warga Depok Jangan Anggap Remeh! Tangki Septik Penuh Bisa Berakibat Fatal

Sabtu, 23 Maret 2024 | 15:38 WIB
header img
Penyedotan tangki septik. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depok. id - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, menghimbau masyarakat untuk rutin melakukan penyedotan tangki septik. Hal ini penting untuk menjaga sanitasi yang aman dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

"Sanitasi yang aman tidak hanya memiliki penampungan air limbah rumah tangga di tangki septik, tetapi juga perlu dilakukan penyedotan dan pengangkutan lumpur tinja ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT)," kata Citra, Sabtu (23/3/2024).

Citra menyarankan agar penyedotan tangki septik dilakukan setiap tiga hingga lima tahun sekali. Masyarakat diimbau untuk tidak menunggu tangki septik penuh atau bermasalah, karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

"Tangki septik yang penuh berisiko bocor dan menyebabkan luapan air limbah rumah tangga. Luapan ini mengandung Bakteri Koli (Escherichia coli) dari tinja manusia yang dapat mencemari sumber air dan lingkungan," paparnya.

Bakteri Koli dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti diare, sakit perut, demam, dan bahkan infeksi usus.

Untuk memudahkan masyarakat, Citra menginformasikan bahwa UPTD IPLT Kota Depok dapat dihubungi di nomor 021-7750551 atau 0811-1043-175.

"Petugas kami siap membantu mengatur jadwal penyedotan. Jangan sampai kesehatan keluarga terganggu hanya karena masalah tangki septik. Segera hubungi ahlinya," ajak Citra.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut