get app
inews
Aa Read Next : Kisah Nadya Andini, Penyandang Tunarungu Lulus ITS Cumlaude IPK 3,88

Kisah Inspiratif, Sarjiya Anak Penjual Gula Jawa Keliling Buta Huruf, Meraih Gelar Profesor di UGM

Kamis, 21 Maret 2024 | 10:07 WIB
header img
Profesor Ir Sarjiya, seorang dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM, telah resmi diangkat menjadi guru besar. Foto: UGM

JAKARTA, iNewsDepok.id - Profesor Ir Sarjiya, seorang dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM, telah resmi diangkat menjadi guru besar. 

Saat upacara pengangkatannya di Balai Senat UGM pada awal Februari yang lalu, suasana haru terasa ketika beliau dengan suara yang gemetar dan mata berkaca-kaca membacakan pidato pengukuhan.

Beberapa kali, Profesor Sarjiya terpaksa berhenti sejenak dalam membacakan pidato untuk menyeka air matanya yang terus mengalir. Beliau memulai pidatonya dengan berbagi kisah latar belakangnya yang lahir 51 tahun yang lalu dari keluarga sederhana di Lendah, Kulonprogo.

Ayahnya, Pujidiyono, sehari-hari bekerja sebagai buruh tobong labor atau perajin gamping. Sedangkan ibunya, Sumirah, adalah seorang pedagang gula Jawa yang setiap hari berkeliling menjajakan dagangannya di Kota Yogyakarta.

"Saat itu, Bapak dan Ibu berani membuat keputusan untuk mengizinkan dan membiayai saya melanjutkan sekolah," ungkapnya seperti yang dikutip dari situs UGM pada Rabu (21/3/2024).

Profesor Sarjiya menceritakan bahwa kedua orangtuanya tidak bisa membaca dan menulis karena tidak pernah mendapatkan pendidikan formal. Meski begitu, mereka berdua tetap gigih menyekolahkan beliau meskipun harus mengorbankan pendidikan adik perempuannya.

"Secara khusus, saya memohon maaf kepada adik perempuanku, Suparsih, yang saat itu tidak bisa melanjutkan ke SMA meskipun memiliki nilai ujian SMP yang sangat baik, karena kondisi ekonomi keluarga tidak memungkinkan untuk membiayai pendidikan kami berdua secara bersamaan. Semoga pengorbanan kakak-kakak dan adikku mendapatkan imbalan kebaikan yang lebih banyak dari Tuhan Yang Maha Esa," ujar Profesor Sarjiya, yang merupakan anak keempat dari lima bersaudara.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut