get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Hari Jadi ke-25, Wali Kota Sebut Depok Sudah Dewasa

Jurus Jitu Hindari Dehidrasi saat Puasa Ala Dinkes Depok, Dijamin Tubuh Tetap Bugar!

Sabtu, 16 Maret 2024 | 10:28 WIB
header img
Ilustrasi: Pixibay

DEPOK, iNews Depok. id - Bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa, di mana umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Aktivitas ini tentu dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak diiringi dengan asupan cairan yang cukup.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah, membagikan tips jitu untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, yaitu dengan memperhatikan 8 pola waktu minum air putih.

"Delapan pola waktu tersebut dimulai dengan mengkonsumsi satu gelas air putih setelah bangun tidur, satu gelas setelah sahur, dan satu gelas saat berbuka," kata Zakiah, dikutip Sabtu (16/3/2024).

"Kemudian satu gelas air putih setelah Salat Magrib, satu gelas setelah makan malam, satu gelas setelah Salat Isya, satu gelas setelah Salat Tarawih dan terakhir satu gelas sebelum tidur," sambungnya.

Zakiah menekankan pentingnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 2 liter per hari selama berpuasa. Selain itu, pemenuhan nutrisi juga harus diperhatikan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga minimal 30 menit per hari.

"Tetap penuhi gizi seimbang, jaga pola makan, dan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa Bulan Ramadan," tutupnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa dan ibadah Ramadan dapat berjalan lancar.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut