get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Pelabuhan Merak Pada H-3 Sore Ini Terpantau Padat, Mobil Antre Hingga 7 Jam

Sama Seperti Tahun Lalu, Pelabuhan Ciwandan Akan Layani Pemudik Pada Lebaran 2024

Rabu, 13 Maret 2024 | 16:24 WIB
header img
Pemudik sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan. Foto: iNews Depok/Tama

JAKARTA, iNewsDepok.id -  Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon, Banten akan kembali difungsikan untuk melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mengatakan, selain mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan, sedianya nanti akan ada penambahan Dermaga di Merak untuk mengakomodasi para pemudik. Penambahan ini untuk mencegah terjadinya penumpukan dan penyumbatan atau bottleneck saat memasuki pelabuhan pada mudik Lebaran 2024.

“Justru akan kita tambah nanti, Ciwandan tetap kita fungsikan, kemudian ada penambahan Dermaga di Merak. Ada satu tambahan dermaga, cuma nanti pintu masuknya beda, sehingga tidak akan mengalami bottleneck ketika mau masuk di pelabuhan,” ujar Muhadjir usai Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Muhadjir juga memastikan jika Ciwandan tidak cukup untuk mengakomodasi para pemotor, maka Pelabuhan Merak akan dimanfaatkan.

“Kita lihat kondisi, kalau memang cukup di Merak, kita gunakan di Merak,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan, dari evaluasi mudik 2023, masih ada kemacetan di jalur Merak. Oleh karena itu, ada pembangunan satu lagi rest area di KM 97.

“Masih ada sedikit kemacetan di jalur ke Merak, karena itu kita sedang mempercepat pembangunan satu lagi rest area di KM 97, kalau nanti belum selesai ya kita carikan alternatif lagi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sejak mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Ciwandan sehari-harinya sebagai pelabuhan muat barang. Pada mudik tahun lalu, pelabuhan tersebut difungsikan melayani pemudik sepeda motor dan truk logistik.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut