get app
inews
Aa Read Next : HUT ke 31 GBI Sawangan, Imam Budi Hartono : Keberagamaan adalah Takdir, Persatuan Wajib Kita Jaga

Umat Hindu di Kota Depok Ikuti Ibadah Perayaan Galungan Kuningan Penuh Hikmat

Minggu, 10 Maret 2024 | 20:09 WIB
header img
Perayaan Galungan - Kuningan di Kota Depok. Foto : Ist.

DEPOK, iNews Depok.id - Umat Hindu di Kota Depok turut merayakan Hari Raya Galungan-Kuningan dengan penuh sukacita di Pura Prajapati Purna Pralina, Jalan Akses UI Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis.

Ketua Banjar Pura Prajapati Purna Pralina, I Nyoman Gde Agus Asrama menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan momentum bagi umat Hindu yang dimaknai sebagai kemenangan Dharma. Hari Kuningan selalu dirayakan 10 hari setelah Hari Galungan. 

"Selama 10 hari kemarin lamanya umat Hindu diberikan waktu untuk memelihara diri dalam rangka menegakkan Dharma (kebenaran) itu sendiri," katanya.

Pada kesempatan itu, I Nyoman Gede Agus Asrama menekankan, konsep Tri Hita Karana kepada umat Hindu di sana. Yaitu senantiasa menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

"Rangkaian ibadah ini merupakan wujud bakti kita kepada Tuhan dalam penghormatan makhluk ciptaan Tuhan, pada lingkungan, dan manusia itu sendiri," ujarnya.

Dia menuturkan, umat Hindu di Kota Depok diperkirakan lebih dari 1.100 Kepala Keluarga (KK). Serta ada tiga Pura yang berada di kota berikon belimbing ini, yaitu Pura Amerta Jati Kecamatan Cinere, Pura Tribhuana Agung Kecamatan Sukmajaya, dan Pura Purna Pralina Kecamatan Cimanggis.

"Untuk di Pura Purna Pralina sekitar 700-800 umat Hindu bersembahyang di sini," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut