get app
inews
Aa Read Next : Klinik Ortopedi di Jepang Layani Konsultasi hingga Pengobatan Warga Indonesia

Rawat Hubungan Indonesia Jepang, Office Promosi Selenggarakan Lomba Mengarang

Minggu, 10 Maret 2024 | 11:13 WIB
header img
Hubungan Indonesia-Jepang sudah berlangsung lebih dari 66 tahun sejak 1958. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id Office Promosi Ltd menyelenggarakan lomba mengarang untuk merawat hubungan masyarakat Indonesia-Jepang.

Hal tersebut disampaikan Richard Susilo Presiden Office Promosi Ltd., Tokyo Japan, Minggu (10/3/2024).

Menurut Richard Susilo hubungan Indonesia-Jepang sudah sudah lebih dari 66 tahun,  sejak adanya perjanjian damai kedua negara tahun 1958. ”Hubungan tersebut perlu dirawat perlu dirawat, bukan hanya  oleh pemerintah, tetapi juga   segenap warga Indonesia yang mencintai budaya dan keunikan Jepang,” kata Richard Susilo.  

Richard Susilo mengungkapkan ia sudah lama tinggal di Jepang dan ingin berkontribusi mengajak Usaha Kecil Menengah (UMKM) ikut pameran kerajinan di Tokyo. Ia juga ingin mengenalkan dokter spesalis menangani berbagai penyakit utamanya saraf kejepit atau tulang rapuh dengan peralatan teknologi tinggi dan biaya wajar.

”Untuk merawat itu, saya bersama teman lain juga menggagas lomba mengarang mengenai Jepang, baik dari sisi budaya, pendidikan, kuliner, politik atapun apa saja yang menarik dihati peserta lomba,” tutur Richard Susilo

Untuk hadiah, disediakan hadiah Rp3 juta untuk juara pertama, Rp500 ribu juara kedua, Rp300 ribu juara ketiga dan Rp200 ribu juara harapan 1.

"Jangan dilihat dari jumlahnya. Tetapi yang perlu diapreasiasi sarana untuk merawat hubungan kedua negara itu agar terus terjaga dan selalu ada peningkatan, utamanya hubungan dagang dan investasi yang menguntungkan Indonesia,” terang Richard Susilo.

Deadline pada 31 Maret 2024. Adapun persyaratannya panjang maksimum 5.000 karakter,

Tema terkait salah satu keunggulan Jepang misalnya pengalaman mengenai restoran makanan Jepang, keberadaan di Jepang, belajar di Jepang, dan lainnya..

”Lomba mengarang ini bebas usia, tidak ada batasan gender tidak ada batasan lokasi domisili. Namun haruslah warga negara Indonesia. Temanya bebas,   diutamakan  dapat  memberikan inspirasi positif untuk meningkatkan hubungan Indonesia - Jepang,” jelas Richard Susilo.

Bentuk karangan boleh fiksi boleh non fiksi. Karangan harus karya orisinil dan dan belum pernah dipublikasikan. Setelah dinyatakan ada pemenangnya, hasil karya diperbolehkan dipublikasikan Admin WAG PJ di wag Pecinta Jepang dan atau PJ2 atau pun diperkenankan untuk dimuat dan atau dikutip sebagian atau keseluruhan dimuat di media.

Peserta dapat mengirim tulisan melalui Whatsapp (WA) pribadi  ke No 081808816777 tidak boleh diposting di wag Pecinta Jepang. Naskah boleh ditulis di wa, dengan  Nama Lengkap dan No.WA Penulis.

Tulisan akan diummkan paling lambat  30 April 2024, dan Keputusan Dewan Juri tidak dapat diubah dan atau tidak dapat diganggu gugat kecuali apabila ada pelanggaran dari ketentuan tersebut di atas. Dan para pemenang   bersedia diwawancarai untuk keperluan pemberitaan.  

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut