get app
inews
Aa Read Next : Tak Ikut Deklarasi Koalisi SS, Ini Jawaban Golkar Depok

Kehadiran KWT di Kelurahan Abadijaya Jadi Solusi Pertanian Perkotaan dan Peningkatan Ekonomi Warga

Senin, 04 Maret 2024 | 16:43 WIB
header img
Peresmian KWT RT12 RW 01 Kelurahan Abadijaya. Foto : Indra Siregar.

SUKMAJAYA DEPOK, iNews Depok.id – Aparatur Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, meresmikan kelompok wanita tani (KWT)  di RT12 RW 01, Kelurahan Abadijaya. 

Lurah Abadijaya, Sodik Murdiono mengatakan, pembentukan KWT RT 12 RW 01 ini merupakan wujud kesadaran masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah  perkotaan lewat konsep urban farming. 

"Wilayah Kelurahan Abadijaya merupakan kawasan perkotaan dan permukiman, sehingga konsep urban farming sangat cocok di wilayah RT 12 RW 01 ini," ucap Sodik, Senin (04/03/2024).

Dia mengungkapkan, kehadiran KWT baru ini juga sebagai bentuk upaya terciptanya ketahanan  ekonomi di masyarakat, terutama di bidang kebutuhan pokok,  karena KWT ini akan menanam berbagai jenis sayuran dan cabai. 

"Komoditi yang ditanam KWT ini adalah cabai dan sayuran," ungkapnya.

Dia menyebut dengan kehadiran KWT RT12 RW01, kini Kelurahan Abadijaya sudah memiliki enam KWT. 

"KWT sat ini ada di RW01,RW06,RW08,RW10,RW18, dan RW09," ucapnya.

Dia berharap, nantinya seluruh RW di Kelurahan Abadijaya dapat membuat KWT, sehingga bisa mengurangi beban belanja kebutuhan pokok masyarakat.

"Kalau bisa nanam sayur dan cabai sendiri kan gak perlu ke pasar lagi untuk beli. Uangnya bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya.  Kalau hasil panen melimpah juga kan hasilnya bisa dijual lagi untuk nambah pendapatan KWT," tutupnya. 

Sementara itu, LPM Keluarga  Abadijaya, Syarif Hidayat mengaku senang dan mengapresiasi dibentuknya KWT ini. Sebab dia percaya, jika KWT ini bisa menghasilkan panen yang bagus dan berkesinambungan, bakal menambah peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Saya sangat mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat lewat KWT ini," tutupnya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut