TANGERANG, iNewsDepok.id - Tegaskan komitmen untuk terus menyalakan semangat UMKM Indonesia agar #BeraniNaikLevel, OCBC meluncurkan sebuah creative hub lembaga keuangan pertama di Indonesia bernama Ruang Kreasi by OCBC.
Creative hub ini hadir untuk mendukung dan memfasilitasi kreativitas dan kegiatan pemasaran UMKM agar bisnis mereka bisa meningkatkan daya saing di tengah kompetisi yang semakin ketat.
Ruang Kreasi by OCBC menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk UMKM, termasuk ruangan studio foto, ruangan kerja dan kolaborasi, area kreatif tempat live, photoshoot, sampai area membuat video untuk kegiatan pemasaran.
“Dukung UMKM naik level, kami merupakan yang pertama yang punya creative hub. Di sini UMKM bisa berkreasi dan menciptakan inovasi untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Mereka bisa belajar dengan para pakar. Sehingga para UMKM ini makin berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Indonesia dalam sambutannya pada peresmian Ruang Kreasi by OCBC di kawasan Pasar Modern Intermoda Cisauk, BSD, Tangerang Selatan pada Jumat, 1 Maret 2024.
Ki-ka: Sari Kartika (SME Proposition Division Head), Andrae Krishnawan (Direktur), Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur), dan Amir Widjaya (Executive Director, Marketing Lifestyle and Business). Foto: Novi
Menurut riset OCBC Business Fitness Index 2023, sebanyak 66% UMKM telah memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk mendukung pertumbuhan usaha mereka. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian UMKM sudah sadar akan pentingnya memanfaatkan digitalisasi dalam pemasaran bisnis. Namun, untuk meningkatkan daya saing, UMKM perlu terus didukung dalam hal inovasi, kreativitas, dan pemasaran.
“UMKM harus terus meningkatkan daya saing, karena inovasi dan keativitas lah yang akan membuat bisnis stand out di antara yang lain. Namun, banyak juga UMKM yang masih pemula dalam pemasaran digital dan sosial media, sehingga kadang mereka tidak tahu harus mulai darimana, atau belum memiliki tempat atau fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mereka. Inilah yang menjadi latar belakang OCBC menghadirkan Ruang Kreasi, tempat di mana mereka bisa mulai berinovasi, mengasah kreativitas, dan berkolaborasi,” ucap Amir Widjaya, Marketing & Lifestyle Business Division Head OCBC.
Menurut Amir, tempat ini bisa hadir dibuat dari sesuatu yang sederhana. "Kita juga butuh content, sementara banyak awards yang juga diterima oleh tim kreatif kita (dari YouTube dan TikTok). Sayang juga kalau tempat ini hanya untuk OCBC, bagaimana kalau kita juga bisa kasih bimbingan untuk teman-teman UMKM. Buka ke lebih banyak UMKM sekaligus sharing, tak hanya tempat tapi juga bisa belajar dari kita. Di luar sana nggak banyak yang mau memberikan edukasi secara mendasar. Education is a key," urai Amir.
Edho Zell – Owner Social Bread. Foto: Novi
Edho Zell, founder Social Bread, sebuah digital marketing marketplace melanjutkan, “Meskipun kebanyakan bisnis sudah beralih ke ranah digital, namun masih banyak pelaku usaha yang masih belum merasakan dampaknya dan belum mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Kebanyakan UMKM kesulitan mengembangkan bisnis mereka secara online, di antaranya karena keterbatasan SDM, keahlian, dan keterampilan untuk mengelola dan memaksimalkan kegiatan pemasaran digital mereka.”
Dalam usaha untuk naik level, UMKM dapat memaksimalkan peranan creative hub sebagai penyedia sarana dan fasilitas untuk menunjang kegiatan promosi digital mereka. UMKM juga dapat menggabungkan fasilitas Ruang Kreasi dengan berbagai produk dan solusi Nyala Bisnis dari OCBC, yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan pebisnis yang semakin dinamis.
“OCBC menawarkan solusi finansial usaha berbasis edukatif dan konsultatif. Tidak hanya memberikan solusi finansial hingga akses modal usaha yang mudah, tetapi juga membangun sistem pendampingan yang mendukung secara menyeluruh melalui Business Fitness Solution/Solusi Kesehatan Bisnis. OCBC juga terus mendukung UMKM untuk go digital lewat solusi layanan yang terus ditingkatkan untuk menjadi semakin mudah, cepat, dan nyaman untuk di akses,” tutur Sari Kartika, SME Proposition Division Head OCBC.
“Dengan menggabungkan produk dan solusi yang semakin komprehensif, ditambah dengan fasilitas creative hub yang mengasah kreativitas dan inovasi, UMKM Indonesia bisa semakin berani untuk terus naik level,” tambah Sari.
Dengan dibukanya Ruang Kreasi untuk nasabah Nyala Bisnis di tahun 2024 ini, OCBC memiliki target untuk membantu sekitar 100 UMKM meningkatkan kreativitas dan literasi teknologi lewat berbagai program, termasuk Nyala Bisnis Kreasi Class, yaitu kelas edukasi bisnis dengan pakarnya. Kegiatan ini ditargetkan mulai dijalankan di Q2 2024, yang khusus dibuka untuk nasabah Nyala Bisnis.
Ruang Kreasi by OCBC ini terletak di Pasar Intermoda BSD yang dekat dengan transportasi umum (dekat dengan stasiun Cisauk), sehingga mudah dijangkau oleh UMKM.
Creative hub ini memiliki tiga lantai yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM, dengan studio foto di lantai satu untuk mengambil foto model atau katalog. Di lantai dua terdapat ruang kolaborasi untuk coworking space dan control room, dan di lantai tiga tersedia ruangan-ruangan yang bisa digunakan untuk siaran livestream, photoshoot, dan video shooting.
Studio livestream di Ruang Kreasi by OCBC ini bisa digunakan dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.
Editor : Mahfud