get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Konsumsi Ikan Nila Bisa Bikin Badan Langsing, Ini 9 Manfaat Lain bagi Kesehatan

Minggu, 11 Februari 2024 | 09:55 WIB
header img
Ilustrasi hidangan ikan nila. Foto: Istimewa

DEPOK, iNews Depok.id - Ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Selain itu, ikan nila juga kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Berbagai nutrisi ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung, otak, mata, hingga kulit. Berikut ini adalah 10 manfaat ikan nila bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan nila mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic acid) dan DHA (asam docosahexaenoic acid). Omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah.

Dengan demikian, konsumsi ikan nila secara rutin dapat membantu mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, serangan jantung, atau stroke.

2. Mendukung Kesehatan Otak

Ikan nila juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan otak, karena mengandung DHA yang merupakan komponen penting dari sel-sel saraf. DHA dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan belajar.

Selain itu, DHA juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak yang terkait dengan usia, seperti demensia atau Alzheimer. Selain DHA, ikan nila juga mengandung vitamin B12 yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah kerusakan saraf perifer.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut