get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Karya Berbeda, Hadrah Daeng Ratu Garap Film Dosa Musyrik

Keterlibatan Presiden Obama Dalam Film Leave The World Behind, Begini Penjelasannya

Senin, 03 Juni 2024 | 13:17 WIB
header img
Leave The World Behind. Foto: Tangkapan Layar/Netflix.

DEPOK, iNewsDepok.idLeave The World Behindfilm thriller bencana terbaru Netflix yang memukau penonton, saat ini menjadi film No. 1 di platform streaming. Dibintangi oleh Julia Roberts, Mahershala Ali, dan Ethan Hawke, film ini juga memiliki hubungan unik dengan keluarga Obama.

Berdasarkan novel berjudul sama karya Rumaan Alam tahun 2020 , adaptasi fiksi ilmiah ini disutradarai oleh pencipta Mr. Robot, Sam Esmail. Meskipun sutradara membuat beberapa perubahan dari novelnya terutama dengan akhir film yang ambigu, alur ceritanya sebagian besar tetap sama: dua keluarga harus bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

Tanpa memberikan spoiler, film ini mengikuti Amanda Sandford (Julia Roberts), suaminya Clay (Ethan Hawke), dan kedua anak mereka, Rose dan Archie (Farrah Mackenzie dan Charlie Evans), yang pergi berlibur ke pantai di sebuah rumah sewaan mewah di Pulau Panjang. Pemilik rumah, GH Scott (Mahershala Ali), dan putrinya Ruth (Myha'la) tiba-tiba kembali ke rumah setelah listrik padam di kota. Kedua keluarga kemudian menemukan diri mereka bersama ketika kekacauan apokaliptik meletus di sekitar mereka, termasuk kecelakaan pesawat, serangan dunia maya, dan kawanan rusa (yang sangat) menyeramkan.

“Saya sudah lama tertarik untuk membuat film bencana, dan saya secara khusus ingin membuat film seputar serangan dunia maya karena menurut saya tidak banyak orang yang memiliki gambaran konkrit seperti apa dampaknya atau seberapa merugikan hal tersebut. Tidak hanya di Amerika, tapi secara global,” kata Esmail kepada Tudum dari Netflix.

“Dampak teknologi terhadap masyarakat adalah sesuatu yang selalu membuat saya terpesona karena menurut saya teknologi secara dramatis mengubah cara kita berinteraksi dan berkembang sebagai manusia.”

Lantas, bagaimana keterlibatan Obama dalam Leave The World Behind? Esmail baru-baru ini membantah teori konspirasi yang berputar-putar di sekitar film yang mengarah pada keterlibatan mantan Presiden tersebut. Kini, dia meluruskan rekornya.

Apa peran Presiden Obama dalam Leave The World Behind ?

Barack dan Michelle Obama (bersama Tonia Davis, Daniel M. Stillman, dan Nick Krishnamurthy) dikreditkan sebagai produser eksekutif untuk Leave the World Behind. Sejak mendirikan perusahaan produksi Higher Ground Productions, pada tahun 2018, keluarga Obama juga telah memproduksi proyek seperti Michael Keaton's Worth dan Kevin Hart's Fatherhood.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Collider, Esmail menjelaskan bagaimana sebenarnya keluarga Obama membentuk Leave The World Behind versi saat ini. (Buku populer ini juga masuk dalam daftar bacaan yang didambakan Presiden).

“Karena Presiden Obama adalah seorang pencinta film, dia benar-benar memfokuskan catatannya untuk mencoba menggambarkan secara sinematik apa yang ada di dalam buku dengan cara yang sangat menarik. Buku itu ada dalam daftar bacaannya, itu salah satu favoritnya, dan dia benar-benar ingin bersikap adil melalui buku itu dan tema tentang ketidakpercayaan dan ini menjadi kisah peringatan tentang apa yang bisa terjadi jika kita tidak memiliki komunitas atau ikatan itu menyatukan kita,” jelas sang sutradara, dikutip dari Forbes.

"Jadi dia benar-benar memberikan catatan tentang karakter, empati, dan juga unsur kebencanaan. Itu benar-benar terjadi secara menyeluruh. Dan sekali lagi, itu semua demi menjadikannya film yang bagus. Itu adalah fokus utamanya," lanjutnya.

Sutradara mengakui bahwa dia melihat teori konspirasi di Internet tentang keterlibatan Obama tetapi dengan cepat membantahnya dengan menyatakan bahwa masukan Presiden datang setelah naskah cerita dirumuskan.

“Saya pikir hal yang konyol tentang semua ini adalah Presiden Obama benar-benar datang beberapa bulan sebelum kami mulai syuting, jadi pada dasarnya naskahnya sudah ditulis dan selesai,” lanjutnya.

“Dia jelas memberi catatan pada naskahnya, tapi tulang cerita dan sekuensnya sudah tertulis. Saya hanya akan mengatakan mereka salah dalam hal pemberian sinyalnya. Itu tidak ada hubungannya dengan itu.”

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut