get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Jalur Seleksi Masuk PTN 2024, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Mahasiswa ini Raih 252 Penghargaan Penulisan Ilmiah

Minggu, 28 Januari 2024 | 07:18 WIB
header img
Thabed Tholib Baladraf (22), mahasiswa Universitas Jember, peraih 252 penghargaan penulisan ilmiah. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Thabed Tholib Baladraf (22 tahun), mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember, berhasil meraih 252 penghargaan di bidang kepenulisan ilmiah, khususnya karya tulis ilmiah (KTI) dan esai ilmiah.

Prestasi ini ia raih sejak duduk di bangku SMK hingga saat ini. Thabed merupakan mahasiswa berprestasi utama Universitas Jember, mahasiswa berprestasi LLDIKTI 7, dan memiliki 11 sitasi di Google Scholar.

Thabed mengatakan, awal mula ia tertarik dengan dunia riset dan penelitian adalah karena kondisi ekonomi keluarganya yang kurang membaik. Ia ingin membahagiakan ibunya yang bekerja sebagai buruh tani dengan mengikuti berbagai lomba penulisan ilmiah dan mendapatkan hadiah uang. Ia juga ingin mengembangkan minat dan bakatnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Alhamdulillah, dari hasil lomba-lomba itu, saya bisa membantu ibu saya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya juga bisa mengasah kemampuan saya dalam menulis dan meneliti. Saya senang bisa berkontribusi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia," ujar Thabed.

Thabed mengaku, ia tidak memiliki mentor khusus dalam menulis dan meneliti. Ia belajar secara otodidak dengan membaca banyak referensi dan mengikuti berbagai webinar dan workshop. Ia juga aktif berdiskusi dengan teman-teman dan dosen-dosen yang memiliki minat yang sama. Ia mengapresiasi dukungan dan bimbingan dari pihak kampus, terutama dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember.

"Menulis dan meneliti itu membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Saya sering mengalami kegagalan dan penolakan. Tapi saya tidak menyerah. Saya terus belajar dan memperbaiki diri. Saya juga bersyukur ada teman-teman dan dosen-dosen yang selalu memberi motivasi dan saran kepada saya," kata Thabed.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut