get app
inews
Aa Read Next : Belajar dari Kecelakaan Maut Bus Putra Fajar di Subang yang Mengangkut Pelajar SMK Lingga Kencana  

Situ Cicadas Dibebaskan dari Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan dan Ketersediaan Air untuk Warga

Sabtu, 20 Januari 2024 | 12:26 WIB
header img
Personel Koramil Cimanggis sedang membersihkan Situ Cicadas. Foto : IST.

CIMANGGIS DEPOK, iNews Depok.id - Kota Depok memiliki situ di setiap kecamatan yang ada di wilayahnya. 

Keberadaan situ di Depok punya fungsi yang besar bagi masyarakat. Situ bisa menjadi wadah penampungan air hujan dan mencegah banjir dan kekeringan di lingkungan masyarakat.

Maka dari itu, satuan Koramil 06 Cimanggis yang melikin beberapa situ di dua kecamatan teritorialnya, berkomitmen untuk menjaga kelestarian situ. 

Danramil 06 Cimangggis, Mayor Inf. PHBR Panjaitan mengatakan, di Kecamatan  Cimanggis dan Tapos terdapat kurang lebih lama situ. 

Salah satu situ yang mendapat perhatian dari mereka adalah Situ Cicadas, di Kampung Tipar, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

"Saya berinisiatif memerintahkan personel saya dengan bantuan masyarakat sekitar untuk membersihkan Situ Cicadas, dari kepungan sampah," kata Danramil Cimanggis, Mayor Inf PHBR Panjaitan. 

Menurut dia, seluruh elemen masyarakat berkewajiban untuk menjaga kelestarian situ. Lantaran situ memili fungsi yang vital bagi kehidupan masyarakat.

"Situ memiliki banyak manfaat. Bisa menjadi tempat wadah air agar tidak terjadi banjir dan kekeringan. Dan keanekaragaman biota airnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi masyarakat," ungkapnya.

Maka dari itu, personel Koramil 06 Cimanggis, dibantu personel Batalion 201 Jaya Yudha, personel Polsek Cimanggis, perwakilan Aparatur Kecamatan Cimanggis, dan warga sekitar ikut serta dalam aksi bersih - bersih Situ Cicadas ini. 

"Kami berterimakasih atas suport dan dukungan seluruh lapisan masyarakat dalam aksi bersih - bersih Situ Cicadas ini," imbuhnya. 

Sementara itu, Lurah Mekarsari,  Bahrudin mengapresiasi Koramil 06 Cimanggis yang begitu peduli dengan kondisi lingkungan di Kelurahan Mekarsari, khususnya Situ Cicadas. 

"Kami berterimakasih kepada anggota Koramil 06 Cimanggis atas terselenggaranya aksi bersih - bersih Situ Cicadas ini. Aksi ini tentunya menbawa banyak manfaat bagi warga Kelurahan Mekarsari, khususnya yang tinggal di sekitar situ," tutupnya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut