get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Pusekesmas Ratujaya Edukasi Warga Terkait Kanker Anak dan Cara Deteksi Dini Kanker pada Anak

Kamis, 18 Januari 2024 | 16:46 WIB
header img
Warga sedang mendengarkan edukasi mengenai kanker anak, yang dilakukan tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Ratujaya. Foto : IST

CIPAYUNG DEPOK, iNews Depok.id – Tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas Ratujaya, Kacamatan Cipayung mengadakan kegiatan penyuluhan kanker anak kepada warga di Kelurahan Ratujaya dan Kelurahan Pondok Jaya.

Kegitan penyuluhan kanker anak ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, yang dilaksanakan di ruang tunggu pelayanan UPTD Puskesmas Ratujaya.

Staff Puskesmas Ratujaya, Dea Hadian mengatakan, penyuluhan Kanker Anak ini merupakan momentum penting untuk mempercepat penyelamatan anak dan remaja penderita kanker, khususnya di Kelurahan Ratujaya dan Kelurahan Pondok Jaya.

"Kanker bisa menyerang anak dibawah usia 18 tahun ataupun yang masih didalam kandungan," ucap Dea Hadian, Kamis (18/1/2024).

Ciri kanker anak ternyata berbeda dengan kanker pada orang dewasa. Kanker pada anak tidak mampu di cegah ataupun di screening.

"Belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker pada anak. Ada enam jenis kanker yang dapat menyerang anak yaitu leukimia, retinoblastoma, osteosarkoma, limfoma maligna, karsinoma nasofaring dan neuroblastoma," ungkap dia.

Dea Hadian menambahkan, apabila anak dicurigai terkena kanker, maka orang tua harus segera membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Tujuannya agar dikonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan," kata Dea Hadian.

Namun demikian, Dea mengungkapkan, sampai saat ini  belum diketahui secara pasti faktor risiko dan penyebab kanker pada anak, ada baiknya orang tua harus mengajarkan perilaku CERDIK pada anak.

"Yang dimaksud perilaku CERDIK adalah cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok dengan menghindari paparan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet sehat dan seimbang, istirahat cukup, kelola stres," tutupnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut