get app
inews
Aa Read Next : Tak Ikut Deklarasi Koalisi SS, Ini Jawaban Golkar Depok

Mayoritas Anggota Parpol Berguguran dalam Seleksi Pengawas TPS Tapos Depok

Senin, 15 Januari 2024 | 15:07 WIB
header img
Suasana pendaftaran calon Pengawas TPS di Kecamatan Tapos. Foto: ist

TAPOS DEPOK, iNews Depok.id – Mayoritas anggota parpol berguguran dalam seleksi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Tapos. Saat ini, tahap seleksi administrasi sudah selesai, dan  jumlah peserta seleksi kian mengerucut.

Ketua Panwascam Tapos, Sofwan Munawar mengatakan Panwascam Tapos sudah menjaring 784 peserta calon Pengawas TPS. Jumlah ini sudah berukrang drastis dari total jumlah pendaftar sebanyak 810 orang.

“Dari 810 pendafar PTPS, kami telah melakukan seleksi administrasi berkas sesuai persyaratan yang berlaku, hingga menjaring sebanyak 784 calon Pengawas TPS. Sementara kuota Pengawas TPS di Kecamatan Tapos hanya 748 orang,” kata Sofwan.

Dia menjelaskan, banyaknya peserta yang tidak lolos pada tahap administrasi disebabkan oleh berbagai hal. Seperti berkas administrasi yang tidak lengkap dan pendaftar yang masih tergabung dalam Partai Politik.

“Banyak masyarakat yang masih terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) setelah dilakukan pengecekan oleh panitia,” ujar dia.

Sofwan mengungkapkan, banyak pendaftar yang tidak melampirkan surat pengunduran diri dari partai saat mengikuti seleksi calon Pengawas TPS, di Kecamatan Tapos,  sehingga namanya masih terdaftar pada aplikasi tersebut.

“Pendaftar banyak yang berasal dari partai politik dan mantan anggota partai politik,” tuturnya.

Sementara itu, Pengurus Divisi Sosialisasi Panwascam Tapos, Lukki Aris Setiawan mengatakan, sesuai Juknis pembentukan Pengawas TPS Pemilu 2024, pada 18-19 Januari 2024 akan ditetapkan dan diumumkan calon terpilih berdasarkan hasil tes wawancara.

“Untuk tahap ini juga kemungkinan, jumlah calon PTPS akan lebih mengerucut atau ada yang terseleksi,” ungkap Lukki Aris Setiawan.

Lukki Aris Setiawan berharap, para calon Pengawas TPS bisa berintegritas dan menjaga kesehatan dalam kelangsungan proses demokrasi di Pemilu 2024. Agar dapat terwujud pemilihan yang adil, bersih dan bermartabat.

“Kami berharap, masyarakat yang nantinya berhasil lolos dan terpilih dapat bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya pemilu,” kata Lukki Aris Setiawan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut