get app
inews
Aa Read Next : Depok Cetak Sejarah, Sumbang 16 Emas untuk Hattrick Jabar di PON 2024!

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, LPM Kelurahan Mekarsari Perbaiki Drainase Rusak

Senin, 08 Januari 2024 | 15:25 WIB
header img
Ketua LPM Kelurahan Mekarsari sedang meninjau dan mengukur lokasi pembuatan drainase, bersama petugas SDA DPUPR Kota Depok.

CIMANGGIS DEPOKiNews Depok.id - Drainase jadi solusi utama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mekarsari, untuk mencegah banjir akibat musim hujan.

Drainase menjadi sangat penting,  dikarenkanan wilayah Kelurahan  Mekarsari merupakan kawasan pemukiman  kota,  yang mayoritas lahannya sudah terbetonisasi,  sehingga hampir tidak ada tanah yang mampu menyerap debit air hujan. 

Ketua LPM Kelurahan Mekarsari,  Iriyanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan pelaksanaan pembuatan drainase baru di wilayah mereka. 

"Ada empat lokasi yang akan dibuatkan drainase baru, semuanya berada di RW 05, Kelurahan  Mekarsari," ucap Ketua  LPM Mekarsari, Irianto,  Senin (8/1/2024).

Dia menjelasakan, pembuatan drainase di keempat lokasi ini bersumber dari dana pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Kota Depok, Daerah Pemilihan (Dapil) Cimanggis. 

"Saat ini pembuatan drainase baru sampai tahap perencanaan, yaitu berupa kegiatan pengukuran. Setelah ini, baru diadakan pelaksanaan atau eksekusi pembuatan drainase," tutur dia. 

"Anggaran dari Pokir dewan, berdasarkan usulan musyawarah  rencana pembangunan (Musrenbang)  tahun 2023 kemarin," imbuh dia. 

Irianto menyebutkan, besaran anggaran untuk pembuatan drainase ini bervariasi, tergantung dari panjang dan lebar drainase yang akan dibuat. 

"Anggaran ada yang Rp 75 juta, itu untuk drainase sepanjang 70 meter dengan uditc berukuran 30 kali 40 cm. Anggaran Rp 170 juta, untuk drainase sepanjang 270 meter, dengan uditch ukuran 40 kali 40 cm," beber dia. 

Dia menambahkan, perencanaan dan pengukuran ini dilaksanakan bersama petugas pengukuran dari Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR)  Kota Depok, serta konsultan.

"Semoga dalam waktu dekat drainase bisa langsung dieksekusi, mengingat  sekarang intensitas hujan semakin tinggi, agar tidak terjadi banjir," pungkas dia.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut