get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan BTS, Lisa BLACKPINK Menangkan Best K-Pop MTV 2022

Digelar Pertama di Jakarta, SEVENTEEN dan NewJeans Menang Penghargaan Utama Golden Disc Awards ke-38

Minggu, 07 Januari 2024 | 16:05 WIB
header img
Lagu 'Ditto' yang dirilis NewJeans Januari tahun lalu menjadi mega-hits di seluruh dunia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Mendapat antusiasme yang luar biasa dari anak muda Indonesia, Golden Disc Awards ke-38 bersama Bank Mandiri, gelaran penghargaan untuk pencapaian luar biasa pada industri musik Korea Selatan, pertama kalinya digelar di Jakarta, Indonesia. Tepatnya di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Antusiasme terlihat pada antrean masuk JIS yang mengular sejak pukul 14.00 WIB meski malam penganugerahan baru digelar mulai pukul 19.00 WIB.

Meski begitu, teriakan-teriakan histeris para penonton memanggil nama idolanya masing-masing, telah terdengar sejak pukul 17.00 WIB saat sesi red carpet yang menghadirkan 14 line-up performer yang terlibat dalam ajang ini.

Semakin malam, kemeriahan semakin terasa pada acara yang juga disiarkan langsung di JTBC2 dan JTBC4.

Ya, penganugerahan Golden Disc Award ke-38 bersama Bank Mandiri ini menghadirkan pertunjukan yang memukau bagi penggemar musik global serta merayakan artis-artis yang telah mempromosikan KPop ke seluruh dunia selama tahun lalu.

SEVENTEEN dan NewJeans, yang mencatat penjualan album tertinggi dan penggunaan musik digital tahun lalu, menjadi bintang Penghargaan Utama (Daesang).


SEVENTEEN, dengan mini-album kesepuluh mereka 'FML' yang dirilis tahun lalu, mencatat penjualan lebih dari 6 juta kopi. Foto: Ist

 

Mulai dengan Penghargaan Pendatang Baru pada Golden Disc Awards ke-30 tahun 2016, SEVENTEEN telah menghadiri setiap upacara dari yang ke-31 hingga ke-37, memenangkan penghargaan utama selama tujuh tahun berturut-turut. Akhirnya, pada yang ke-38, mereka menjadi pemenang Penghargaan Utama. 

Perjalanan SEVENTEEN, yang telah berjalan bersama sejarah Golden Disc Awards, akhirnya selesai pada tahun debut mereka yang ke-10. Pada kesempatan ini, mereka menjadi pemenang triple crown, termasuk Album Tahun Ini, Lagu Digital Tahun Ini, dan Penghargaan Utama. Untuk penghargaan grup unit BSS, mereka adalah pemenang empat kali.

NewJeans, yang mengumumkan peluncuran pendatang baru global dengan memenangkan Penghargaan Pendatang Baru dan Penghargaan Utama di Golden Disc ke-37, berkembang sebagai pemenang Penghargaan Utama dalam waktu satu tahun. 

Lagu mereka 'Ditto' yang dirilis Januari tahun lalu menjadi mega-hits di seluruh dunia, menimbulkan sensasi dan menjadi pemenang Penghargaan Utama tanpa persaingan. Peningkatan mereka yang tajam dalam dua tahun, telah membuat orang lebih penasaran tentang langkah mereka selanjutnya.

aespa, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, NCT DREAM, Stray Kids, SEVENTEEN, Jungkook, Zerobaseone, TOMORROW X TOGETHER menerima Album Tahun Ini, sementara (G)I-DLE, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, STAYC, Parc Jae-jung, BSS, SEVENTEEN, Jungkook, Jisoo menerima Lagu Digital Tahun Ini.

Dampak pendatang baru tahun lalu sangat luar biasa, dengan aktivitas yang menonjol dari pendatang baru global. ZEROBASEONE, meskipun dengan album debut mereka, menjual lebih dari 2 juta kopi. Di antara nominasi Penghargaan Pendatang Baru, mereka menikmati kegembiraan menerima Album Tahun Ini dengan penjualan album tertinggi. 

FIFTY FIFTY, yang diakui oleh Billboard, memenangkan Penghargaan Pendatang Baru sekali seumur hidup dengan mencatat penggunaan musik digital yang sangat tinggi di antara nominasi.

Pemenang Kategori Global K-pop Artist_ Stray Kids. Foto: Ist

 

Stray Kids, yang membuktikan kemungkinan tak terbatas K-pop dengan pencapaian musikal, memenangkan Penghargaan Artis K-pop Global. 

Min Hee-jin, produser yang menciptakan NewJeans, menerima Penghargaan Produser. 

Selain itu, generasi berikutnya yang paling ditunggu, 'Boy Next Door' menjadi pemenang.

Dengan lebih dari 5,5 juta total suara, Penghargaan Golden Disc Favorit Bugs diterima oleh Lim Young-woong dan Jisoo, dan Pilihan Penggemar Indonesia dengan Mandiri diberikan kepada TOMORROW X TOGETHER.

Pertunjukan yang beragam, kaya dengan esensi K-pop, seperti set penghargaan komprehensif. 

Artis seperti NewJeans, SEVENTEEN, Parc Jae-jung, Stray Kids, IVE, ZEROBASEONE, TOMORROW X TOGETHER, mengungkapkan panggung epik untuk pertama kalinya di siaran, meninggalkan dampak yang kuat. 

Panggung kolaborasi YB dan LE SSERAFIM, dan panggung medley lagu hit K-pop oleh La Poem, yang hanya terlihat di Golden, menyenangkan mata dan telinga penonton.

MC Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo memperkaya Golden Disc Awards dengan panggung duet mereka.

Ha Jung-woo, Lee Jun-ho, Tiffany Young hadir sebagai pembawa acara untuk mengucapkan selamat kepada pemenang dan mendukung artis K-pop. 

Anggota 'PSICK Show' menjadi tuan rumah sudut khusus seperti 'PSICK Show Attack', 'Mini Awards', membawa 'big fun'.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar yang telah memberikan kepercayaan mereka kepada kami pada acara ini. Kami bangga menjadi bagian dari momen bersejarah ini, mempersembahkan panggung terbesar yang pernah ada dalam sejarah konser KPOP di Indonesia, menampilkan 4 jam hiburan Korea yang setara dengan standar internasional. Kami berharap penonton benar-benar menikmati pertunjukan ini. Ada banyak pembelajaran yang kami dapatkan, dan kami berkomitmen untuk melakukan yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kami berharap dapat terus membawa acara-acara menarik seperti ini untuk Indonesia,” ungkap pihak promotor Nicevents.

Para pemenang Golden Disc Awards ke-38 dipilih berdasarkan kombinasi evaluasi panel ahli (40%) yang terdiri dari komite eksekutif Golden Disc, jurnalis musik, PD program musik, kritikus musik populer, pejabat perusahaan distribusi domestik, dan data penggunaan musik digital dan penjualan album Circle Chart (60%).


MC Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo. Foto: Novi

 

Evaluasi didasarkan pada musik dan album yang dirilis dari pertengahan November 2022 hingga awal November 2023, dengan penjualan dihitung hingga akhir November 2023.

Grand Prize - Album of the Year= SEVENTEEN

Grand Prize - Digital Song of the Year= NewJeans

Album of the Year= aespa, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, NCT DREAM, Stray Kids, SEVENTEEN, Jungkook, Zerobaseone, TOMORROW X TOGETHER

Digital Song of the Year= (G)I-DLE, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, STAYC, Park Jae-jung, BSS, SEVENTEEN, Jungkook, Jisoo

Rookie Award= ZEROBASEONE, FIFTY FIFTY

Global K-pop Artist Award= Stray Kids

Bugs Favorite Golden Disc Popular Award= Lim Young-woong, Jisoo

Indonesia FANS CHOICE with Mandiri= TOMORROW X TOGETHER

Producer Award= Producer Min Hee-jin

Next Generation= BOYNEXTDOOR"

Sejak pertama kali hadir di tahun 1986 sebagai 'Korea Visual and Records Grand Prize Award', dan berganti nama pada 2001 menjadi 'Golden Disc Awards', acara ini telah menjadi gelaran penghargaan yang paling diakui di Korea selama 37 tahun, meningkatkan posisi K-POP melalui integritas, objektivitas, dan strategi yang terus dikembangkan.

PT Nusantara Indah Ceria Entertainment (NICE) sebagai promotor lokal Golden Disc Awards ke-38 bersama Bank Mandiri adalah event management inovatif yang berbasis di Jakarta, yang berspesialisasi dalam menciptakan pengalaman acara yang luar biasa, tak terlupakan, dan nyaman bagi artis dan fansnya. 

Dedikasi NICE untuk menjadi unggul membuat mereka menjadi mitra terpercaya dalam menciptakan acara yang berkesan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut