get app
inews
Aa Read Next : Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrim di Jabodetabek akan Berakhir Besok, Prakiraan BMKG

Siklus Cuaca Jakarta Tidak Menentu, Aplikasi JAKI Bantu Warga Beri Informasi Terkait Cuaca

Minggu, 31 Desember 2023 | 07:24 WIB
header img
Ilustrasi cuaca Jakarta. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Siklus cuaca di Jakarta sedang tidak menentu, warga diminta untuk tetap siaga dan waspada.

Melansir dari unggahan @dkijakarta, salah satu caranya adalah dengan selalu update dengan informasi peringatan dini cuaca ekstrem, prakiraan cuaca, pantauan tinggi muka air (TMA), serta peringatan dini tinggi gelombang. 

Semua informasi tersebut ada di situs bpbd.jakarta.go.id atau dapat mengunduh aplikasi JAKI untuk dapat notifikasi peringatan dini cuaca Jabodetabek secara otomatis lewat JakWarta.

Selain itu, bisa juga cek melalui fitur pantau banjir di JAKI dengan membuka menu peta pemantauan banjir untuk mengetahui titik laporan banjir, kondisi pintu air, pos pengamatan, dan pompa air.

Untuk kondisi terkini atau data real-time sensor pemantauan banjir di Jakarta dapat dipantau melalui menu Dashboard Pemantauan Banjir.

Jika menemukan air atau banjir, warga dapat segera melapor ke JAKI dengan cara membuka fitur JakLapor, foto genangan air atau banjir, memilih kategori 'Banjir', dan tulis alamat dan deskripsi laporan.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga menyiagakan lebih dari 250 personel petugas penanggulangan bencana atau TRC dan menyiagakan posko bencana hingga lokasi pengungsian. 

Laporan tersebut akan membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memetakan banjir dan menginformasikan ke warga lainnya. Dengan cara seperti ini, penanganan banjir akan menjadi lebih cepat.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut