get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Warga Depok Catat! Ini Tips Aman Berkendara Saat Libur Tahun Baru

Kamis, 28 Desember 2023 | 06:03 WIB
header img
Situasi Simpang Ramanda Depok. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNewsDepok.id - Libur Tahun Baru 2024 tinggal menghitung hari. Sebagian masyarakat di Jabodetabek memanfaatkan masa liburan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman maupun berwisata ke tempat wisata.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan, Polres Metro Depok membagikan sejumlah tips dalam mengemudikan kendaraan yang aman.

"Kita harus menyiapkan kondisi badan yang prima, selain itu kita harus menyiapkan kondisi kendaraan yang prima juga," kata Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Sugianto, Rabu (27/12/2023).

Artinya, kendaraan yang akan digunakan harus terlebih dahulu dicek sedetail mungkin. Mulai dari oli mesin, minyak rem, tekanan angin pada ban, ketebalan ban, air wiper, hingga kondisi accu atau aki.

"Khususnya kondisi instrumen-instrumen yang sangat vital pada kendaraan seperti kondisi rem, gas, dan kopling pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual," ujarnya.

Instrumen-instrumen tersebut harus dalam keadaan baik dan siap pakai. Pengemudi juga harus mengenali dan merasakan dengan baik kondisi instrumen-instrumen tersebut.

Selain kondisi kendaraan, Kompol Sugianto juga mengingatkan pentingnya memperhatikan attitude atau perilaku saat berkendara di jalan.

"Pengemudi harus sadar bahwa saat mengemudikan kendaraan di jalan sebenarnya sedang melakukan komunikasi dengan kendaraan lainnya," tuturnya.

Dalam mengoperasikan kendaraan, pengemudi sebenarnya sedang membuat keputusan-keputusan. Misalnya, membuat keputusan menyalip atau tidak menyalip kendaraan di depan, lalu mengurangi-menambah kecepatan kendaraan.

"Dengan kondisi kendaraan dan fisik yang prima serta pengetahuan tentang berlalulintas, maka keputusan yang diambil akan tepat dan berkendara menjadi aman," pungkas Sugianto.

Tips-tips dari Polres Metro Depok tersebut dapat menjadi panduan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan perjalanan dapat berjalan lancar dan aman.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut