get app
inews
Aa Read Next : Transjakarta Tambah Armada Bus dan Jam Operasional saat Nataru

Jelang Nataru, Yonpom 1 Marinir Mendukung Puspomal Dalam Kegiatan Opsgaktib

Sabtu, 23 Desember 2023 | 21:05 WIB
header img
Opsgaktip jelang Nataru di tempat hiburan malam. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Dalam rangka pencegahan pelanggaran disiplin prajurit, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksda TNI Samista menggelar Operasi Penegak Ketertipan (Opsgaktip). Sasaran adakahtempat hiburan malam yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Opsgaktip yang diadakan oleh Puspomal ini juga melibatkan beberapa prajurit terbaik dari  Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar). Sebanyak 30 personel Yonpom 1 Mar dipimpin langsung oleh Letda Laut (PM) Ardiansyah Dwi Laksono selaku PJS Pasiintel Yonpom 1 Mar.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan apel gabungan prajurit Puspomal dan Yonpom 1 Mar di Mako Puspomal Kelapa Gading, Jakarta Utara untuk memastikan kembali kesiapan personel dan material untuk mendukung pelaksanaan giat Opsgaktip ini. Beberapa tempat yang menjadi sasaran Opsgaktip ini diantaranya New Home Bar, Mr. Braid Bar and Lounge, Half Way, Kopi Koboy, Zeloso Karaoke and Lounge, Amora, Nhu China Bar and Lounge dan Brexit Club and Lounge. Dari hasil pemeriksaan petugas di beberapa tempat hiburan malam tersebut tidak ditemukan pengunjung yang merupakan prajurit TNI AL ataupun prajurit Marinir.

Ditempat terpisah Komandan Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Danyonpom 1 Mar) Letkol Laut (PM) Triono Adi Susilo mengatakan, tujuan Opsgaktip ini untuk mencegah prajurit TNI agar tidak memasuki tempat - tempat hiburan malam seperti ini sesuai dengan Peraturan Panglima (Perpang) TNI No 44 Th 2015 Pasal 15 tentang Larangan bagi setiap anggota militer.

“Perpang ini mengatur larangan setiap anggota TNI berada di tempat-tempat hiburan malam, termasuk yang menyediakan minuman keras dan terdapat wanita penghibur. Peraturan ini sudah lama, sejak tahun 2015. Namun kini kami tegaskan dan ingatkan kembali dalam rangka penegakan hukum, disiplin dan tata tertib militer,” katanya, Sabtu (23/12/2023).

Tempat hiburan malam menjadi sasaran Opsgaktip karena menjadi lokasi rawan gesekan sesama pengunjung.

“arena seringkali ditempat hiburan malam sangat mudah terjadi gesekan atau konflik sesama pengunjung yang akan merugikan pada diri sendiri,” pungkas Danyonpom 1 Mar.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut