get app
inews
Aa Read Next : AS Kembali Luncurkan Rentetan Rudal ke Posisi Houthi di Yaman

Geram, Kim Jong Un Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Senin, 18 Desember 2023 | 17:17 WIB
header img
Korea Utara menembakkan rudal balistik ke laut Jepang. Foto: KCNA/AP

DEPOK, iNewsDepok.id - Korea Utara (Korut) dilaporkan menembakkan rudal balistik jarak pendek, Minggu malam waktu setempat. Pernyataan resmi diberikan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang yang memantau hal itu. 

"Militer kami mendeteksi rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari wilayah Pyongyang menuju Laut Timur sekitar pukul 22:38 pada hari Minggu," kata Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Korsel, mengacu pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang, dikutip dari AFP Senin (18/12/2023). 

"Rudal tersebut terbang sekitar 570 kilometer (354 mil) sebelum mendarat di Laut Timur," tambahnya. 

Kementerian Pertahanan Jepang menyebut Korut telah meluncurkan "apa yang tampak seperti rudal balistik". Penjaga pantai menambahkan bahwa rudal tersebut tampaknya sudah jatuh di perairan. 

Tembakan rudal balistik terbaru Korut ini terjadi setelah Korsel dan Amerika Serikat (AS) memperingatkan Pyongyang bahwa serangan nuklir apa pun terhadap kedua negara akan mengakhiri rezim Kim Jong Un. Kedua sekutu tersebut sempat mengadakan pertemuan "Kelompok Konsultasi Nuklir" di Washington, Jumat.

Hal itu kemudian direspons juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Minggu. la mengecam rencana Seoul dan Washington yang akan melakukan latihan militer gabungan tahunan pada tahun depan dengan mencakup latihan operasi nuklir dan memperingatkan tindakan pencegahan serta balasan yang mematikan dari Korut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut