get app
inews
Aa Read Next : Pemuda di Kelurahan Mekarjaya Juara Adujak dan Adupik Tingkat Kecamatan Sukmajaya

Kegiatan Pramuka SDI Al Azhar 46 GDC Depok Tanamkan Jiwa Kebersamaan untuk Atasi Masalah

Jum'at, 01 Desember 2023 | 11:13 WIB
header img
Kegiatan Pramuka SDI Al Azhar 46 Grand Depok City (GDC) yang ditujukan untuk melatih siswa memiliki karakter kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi masalah. Foto: doc SDI Al Azhar 46 GDC.

CILODONG DEPOK, iNewsDepok.id – Bertujuan menanamkan pemahaman pada muridnya bahwa kebersamaan menjadi kunci atasi masalah, Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Azhar 46  Grand Depok City (GDC) menggelar kegiatan Pramuka.

Acara berlangsung pada 21-23 November 2023 di lingkungan kampus Yayasan Pendidikan Budi Insan Cendikia (YPBIC) dengan menggunakan fasilitas lapangan soccer.

Kegiatan terdiri dari Perkemahan Besar Siaga (PBS), Perkemahan Satu Hari (PERSARI) dan Perkemahan Rabu Kamis (PERRAKA).

Kegiatan PERRAKA diikuti 333 murid terdiri dari 163 murid kelas 4 dan 170 murid kelas 5.

Kegiatan perkemahan berlangsung dengan beragam materi pengetahuan dasar kepramukaan, latihan baris berbaris, mempelajari morse dan semaphore, sandi kotak, halang rintang, dan pelatihan cara pertolongan pertama pada kecelakaan, api unggun, dan pentas seni.

Halangan alami seperti hujan di sore hari, tak membuat peserta mundur dan bersedih. Acara tetap berlanjut dengan plan B, kegiatan dialihkan ke ruang kelas yang disediakan.

Pada malam hari kegiatan diisi aneka penampilan spektakuler dalam pentas seni yang dihangatkan dengan api unggun. Selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah.

Acara ditutup dengan nyanyian sayonara yang diiringi saling berjabat tangan antara regu dan pendamping.

Kegiatan pramuka tak sekadar untuk bersenang-senang. SDI Al Azhar 46  Grand Depok City merancang kegiatan ini dengan tujuan melatih dan mengembangkan murid-muridnya agar memiliki sikap sportif, disiplin, bertanggung jawab, percaya diri, empati, kreatif, dan demokratis.

Murid SDI Al Azhar 46 GDC dilatih memiliki keberanian menghadapi tantangan dan kesiatapan mengatasi risiko. Kemampuan merancang rencana alternatif (Plan B) jika rencana utama mengalami gangguan juga menjadi poin penting dalam kegiatan pramuka ini.

SDI Al Azhar 46 GDC ingin menanamkan karakter kepada muridnya bahwa pentingnya kebersamaan, kekompakan dan persatuan. Dengan kebersamaan semua masalah bisa dihadapi dan diselesaikan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut