get app
inews
Aa Read Next : Kadisnaker Kota Depok, Sidik Mulyono : 260 Warga Ikut Pelatihan Kerja Semester I Tahun 2024

Awas! Kali Caringin Sawangan Depok Potensial Meluap Akibat Turap 8 Meter Longsor

Kamis, 16 November 2023 | 09:37 WIB
header img
Satgas DPUPR Kota Depok diterjunkan guna melakukan pembersihan material longsor turap setinggi 8 meter di Kali Caringin Jalan Kutilang Raya RT 02 RW 12, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Rabu (15/11/23). Foto: dok. DPUPR

SAWANGAN DEPOK, iNewsDepok.idKali Caringin Sawangan Depok potensial meluap akibat turap setinggi 8 Meter longsor.  

Turap di Kali Caringin Jalan Kutilang Raya RT 02 RW 12, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, longsor pada Selasa (14/11/23) malam. Turap setinggi 8 meter dengan panjang 10 meter tersebut longsor akibat tidak mampu menampung debit air yang cukup deras ketika hujan lebat.

Akibatnya, material turap terbawa arus dan menutup sebagian aliran sungai. Hal ini menyebabkan aliran air menjadi terhambat dan berpotensi meluap.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok langsung menurunkan Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan penanganan.

“Tinggi turap yang longsor 8 meter dengan panjang 10 meter. Kami turunkan satgas sebanyak satu regu atau 10 personel dan ditangani secara manual,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, dikutip Kamis (16/11/2023).

Ia menuturkan, untuk sementara pihaknya memasang cerucuk bambu sebagai penanda adanya longsor. Juga untuk menahan tanah agar tidak bergeser dan menyebabkan longsor susulan.

“Sementara dipasang cerucuk bambu. Setelah itu dilanjut dengan penurapan,” terangnya.

Kegiatan ini menggunakan anggaran pemeliharaan. Tidak ada target yang ditetapkan, yang jelas harus sampai selesai.

“Masyarakat diminta tetap hati-hati karena kita tidak tahu apakah ada hujan lebat susulan yang bisa menyebabkan potensi longsor lagi. Mengingat sudah masuk musim peralihan dari kemarau ke musim hujan,” tuntasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut