get app
inews
Aa Read Next : Kadisnaker Kota Depok, Sidik Mulyono : 260 Warga Ikut Pelatihan Kerja Semester I Tahun 2024

Longsor dan Banjir di Depok Akibat Hujan Deras, Wali Kota Idris: Penanganan Harus Terintegrasi

Senin, 06 November 2023 | 10:11 WIB
header img
Wali Kota Depok Mohammad Idris meninjau lokasi longsor di Perumahan Mutiara Depok, Sukmajaya, Minggu (05/11/2023). (Foto: Diskominfo Depok)

DEPOK, iNewsDepok.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Depok pada Sabtu (4/11/2023) menyebabkan longsor dan banjir di sejumlah wilayah. Dua lokasi longsor yang paling parah berada di RW 13 Perumahan Mutiara Depok Kelurahan Sukmajaya, dan RW 13 Komplek RRI Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris meninjau langsung dua lokasi longsor tersebut pada Minggu (5/11/2023). Idris mengatakan, longsor di Perumahan Mutiara Depok disebabkan oleh jebolnya turap. Akibatnya, air hujan mengalir ke rumah warga.

"Setelah kami tinjau di lokasi pertama yaitu Perumahan Mutiara Depok ada turap jebol, sehingga mengakibatkan air turun ke rumah warga," kata Idris, dalam keterangannya, dikutip Senin 6/11/2023).

Sementara itu, longsor di Komplek RRI Cisalak disebabkan oleh kondisi tanah yang labil. Longsor tersebut menyebabkan akses warga di jalan tersebut hanya tinggal 20 persen.

"Untuk longsor di Komplek RRI Cisalak, kami akan melakukan penanganan permanen setelah Biaya Tidak Terduga (BTT) cair. Kami akan melakukan pengerukan dan penimbunan tanah," ujar Idris.

Idris juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang ke sungai atau kali, dapat menyumbat aliran air dan menyebabkan banjir.

"Penanganan longsor dan banjir harus dilakukan secara terintegrasi dari hulu sampai hilir. Pemerintah akan bekerja sama dengan masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa depan," pungkasnya.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut