get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Depok 2 Maret: Warga Depok jadi Orang Pertama Terinfeksi Covid-19 di Indonesia

Dihantam Hujan Deras, 2 Kelurahan di Sukmajaya Longsor, Pemkot Depok Lakukan Penanganan Sementara

Senin, 06 November 2023 | 08:19 WIB
header img
Satgas DPUPR Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Wali Kota Depok Mohammad Idris meninjau dua lokasi longsor yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur Kota Depok, Sabtu 4 November 2023.

Dua lokasi tersebut antara lain, di RW 13 Perumahan Mutiara Depok Kelurahan Sukmajaya, dan RW 13 Komplek RRI Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya menerima laporan longsor maupun banjir di sejumlah wilayah Kota Depok akibat hujan lebat yang terjadi, Sabtu 4 November 2023

"Setelah kami tinjau di lokasi pertama yaitu Perumahan Mutiara Depok ada turap jebol, sehingga mengakibatkan air turun ke rumah warga," katanya, di sela-sela tinjauannya di lokasi longsor Perumahan Mutiara Depok, Kelurahan Sukmajaya.

"Untuk lokasi kedua di Komplek RRI Cisalak ada longsor di tebing, sehingga akses warga di jalan tersebut hanya tinggal 20 persen," sambungnya.

Menurut Idris, Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok saat ini masih menangani wilayah banjir di lokasi lainnya di Kota Depok.

"Karena itu, kami lakukan penanganan sementara sambil menunggu Biaya Tidak Terduga atau BTT," jelasnya.

Idris menuturkan, penanganan sementara yang dimaksud yaitu dengan cerucuk bambu dan karung tanah.

"BTT akan segera dicairkan melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) dengan skala prioritas, mana yang akan lebih dulu ditangani berdasarkan laporan," tambahnya.

Selain itu juga, dia menyebut, banjir dan longsor yang terjadi di sebagian wilayah Kota Depok didominasi oleh sampah yang menyangkut di gorong-gorong.

"Mungkin lengah saat musim panas kemarin, sehingga mengakibatkan penumpukan sampah, terutama di aliran kali. Ada kasur, batang pohon hingga sterofoam," tuturnya.

"Ini bukan bencana, tetapi sampah ini sengaja dibuang, sehingga kita juga harus introspeksi diri," tegasnya.


 

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut