get app
inews
Aa Read Next : Serunya Suasana Baru Steak 21 Pesona Square Depok, Bisa Sambil Nyanyi

Angka Pengangguran di Depok Turun Dua Persen, Ini Kuncinya Kata Wakil Wali Kota

Selasa, 31 Oktober 2023 | 19:43 WIB
header img
Pembukaan Depok Job Fair 2023 di Pesona Square. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Pemerintah Kota Depok menggelar Bursa Kerja 2023 di Pesona Square. Tujuannya untuk mempertemukan dunia industri dengan calon pekerja secara langsung. Sehingga daoat menekan angka pengangguran.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, ada kesempatan bagi warga Depok yang ingin bekerja ke Jepang. Warga bisa menghubungi dan mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Depok.

“Kami ingin jumlah atau kuota warga Depok yang bekerja di Depok dinaikan, jangan 10 kalau bisa ya dinaikkan,” katanya, Selasa (31/10/2023).

Dia meminta kepada pemilik perusahaan atau lembaga yang beroperasi di Depok agar mengutamakan tenaga kerja yang ber-KTP dan Kartu Keluarga (KK) Depok. Imam menuturkan,  angka pengangguran terbuka di Kota Depok saat ini turun. Semula mencapai 9% dan sekarang hanya 7%.

“Alhamdulillah saat ini sudah mengalami penurunan kembali.  Kami ingatkan kepada pemilik usaha untuk mencari tenaga kerja lokal asal Kota Depok untuk menurunkan angka pengangguran,” ujarnya.

Imam menambahkan, perusahaan di Kota Depok juga dapat menjalin sinergi dengan Disnaker saat melakukan perekrutan. Nantinya, Disnaker dapat memberikan data sesuai dengan kebutuhan.

“Sinergi dan kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan harus terus terjalin agar tidak ada lagi pengangguran di Kota Depok,” tegasnya.

Kepala Disnaker Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, berdasarkan data BPS 2022, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Depok Tahun 2022 sebanyak 98.430 orang atau 7.82 %. Pihaknya telah melakukan berbagai  upaya antara lain peningkatan kompetensi di bidang pelatihan, kegiatan padat karya berkelanjutan, Bursa Kerja Online (BKOL) Depok. Salah satu program unggulan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok dalam menurunkan tingkat pengangguran adalah melalui kegiatan Bursa Kerja Mini (Job Fair) di wilayah Kota Depok.

“Jumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan Bursa Kerja Mini (Job Fair) sebanyak 20 peserta perusahaan dengan jumlah kebutuhan lowongan kerja yang tersedia sebanyak 2.142 orang,” katanya.

Di tempat yang sama, perwakilan Pesona Square, Mardi mengapresiasi langkah Pemkot Depok untuk menekan pengangguran dengan menggelar job fair di Pesona Square. Sehingga nantinya angka pengangguran diharapkan terus berkurang dan bisa nol.

“Kami sangat mendukung upaya Pemkot Depok ini. Kami menyediakan lokasi untuk digelar job fair karena kami ingin ikut berkontribusi menekan angka pengangguran di Depok,” katanya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut