get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Depok Gelar Tradisi Ngubek Empang pada Gelaran Lebaran Depok 2024

Pemkot Depok Buat Tempat Wisata Melalui Media Virtual, Seperti Apa Konsepnya?

Minggu, 22 Oktober 2023 | 09:42 WIB
header img
Lokasi wisata air di Depok jelang libur panjang. Foto:ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, telah merancang Desain Virtual Tour Ruang Publik dalam upaya sosialisasi tempat wisata dan ruang terbuka yang ada di kota tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, menjelaskan bahwa dengan adanya kompetisi Desain Virtual Tour Ruang Publik ini membantu pemerintah dalam menyosialisasikan tempat wisata dan ruang terbuka.

"Masyarakat akan memiliki akses untuk melihat potensi wisata di Kota Depok, termasuk wisata religi, sejarah, dan kuliner," kata Supian, Minggu 22 Oktber 2023. 

"Semua ini bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan mudah kepada masyarakat melalui kemajuan teknologi," sambungnya.

Supian menekankan, "Semua dapat diakses dengan mudah, baik itu untuk berwisata, layanan kesehatan, atau dokumen kependudukan, semuanya terdapat dalam aplikasi Depok Single Window (DSW). Bahkan untuk melihat alun-alun, dapat dilakukan secara virtual."

Dengan demikian, aplikasi DSW diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan produk digital bagi masyarakat.

Peserta kompetisi ini juga telah mendukung program Pemerintah Kota Depok dengan berpartisipasi dalam kompetisi Desain UI/UX, yang bertujuan untuk menyempurnakan aplikasi DSW sebagai Portal Tunggal Layanan Publik.

Pemkot Depok telah menyelenggarakan kompetisi Depok ICT Award (DepICTA) tahun 2023 yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. 

DepICTA memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah yang aktif dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan ini diharapkan mendorong Perangkat Daerah untuk lebih aktif menggunakan TIK dalam pekerjaan mereka.

Supian Suri berharap bahwa kolaborasi dalam pemanfaatan TIK akan semakin memberikan manfaat, yaitu memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat Depok. 

"Kami ingin TIK dapat melekat pada Kota Depok, sehingga warga dapat memanfaatkan layanan yang memudahkan," tambahnya.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut