get app
inews
Aa Read Next : Sudah Lama Tidak Terlihat, Tradisi Nyorog Dihadirkan dalam Perayaan Lebaran Depok di Alun Alun

Israel Serang Rumah Sakit Gaza 500 Orang Tewas, Begini Reaksi Dunia

Rabu, 18 Oktober 2023 | 11:05 WIB
header img
Orang yang terluka dibantu di Rumah Sakit Shifa setelah serangan udara Israel menghantam Rumah Sakit Al-Ahli di dekatnya, 17 Oktober. Foto: Mohammed Al-Masri/Reuters.

Apa yang Israel katakan?

Pihak berwenang Israel mengatakan rumah sakit tersebut terkena serangan roket yang ditembakkan oleh Jihad Islam Palestina, yang beroperasi di Jalur Gaza.

“Analisis sistem operasional IDF (Tentara Israel) menunjukkan bahwa rentetan roket ditembakkan oleh teroris di Gaza, dan melintas di dekat rumah sakit Al Ahli di Gaza pada saat serangan itu terjadi,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan. sebuah postingan media sosial.

“Intelijen dari berbagai sumber yang kami miliki menunjukkan bahwa Jihad Islam bertanggung jawab atas kegagalan peluncuran roket yang menghantam rumah sakit di Gaza.”

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan bahwa roket yang ditembakkan oleh PIJ melewati rumah sakit pada saat serangan terjadi, yang menurutnya menghantam tempat parkir fasilitas tersebut.

Hagari mengklaim tidak ada serangan langsung terhadap fasilitas tersebut dan mengatakan rekaman drone militer menunjukkan “semacam serangan di tempat parkir”.

Dia mengatakan militer memang melakukan operasi Angkatan Udara Israel di daerah sekitar waktu ledakan di rumah sakit tersebut “tetapi operasi tersebut menggunakan jenis amunisi yang berbeda yang tidak … sesuai dengan rekaman yang kami miliki [tentang] rumah sakit tersebut.”

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut