get app
inews
Aa Read Next : Warga Gaza Hadapi Kelaparan, Pakar Hak Asasi Manusia PBB Beri Peringatan Terjadinya Genosida

Hari Anti Kekerasan Internasional, Hari Mengenang Mahatma Gandhi

Selasa, 03 Oktober 2023 | 00:24 WIB
header img
Hari Anti Kekerasan Internasional atau International Day of Non-Violence pada 2 Oktober, menjadi hari mengenang Mahatma Gandhi. Foto : instagram @unesco

DEPOK, iNewsDepok.id - Mohandas Karamchand Gandhi atau sering disebut Mahatma Gandhi adalah salah satu tokoh penting dari abad ke-20 yang dikenal sebagai tokoh yang penuh dengan kedamaian. 

Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869, yang kini di peringati sebagai Hari Anti Kekerasan Internasional atau International Day of Non-Violence.

Gandhi adalah politikus serta pemimpin spiritual yang menjadi pemimpin utama gerakan kemerdekaan India. Dikutip dari buku Mencari Setangkai Daun Surga yang ditulis oleh Anton Kurnia (2016), Gandhi dikenal sebagai sosok yang menerapkan ketidakpatuhan tanpa kekerasan melalui aksi demonstrasi damai.

Gandhi percaya bahwa masyarakat India tidak boleh menggunakan kekerasan atau kebencian dalam perjuangan mereka untuk terbebas dari kolonialisme.

Salah satu kutipan Mahatma Gandhi yang terkenal adalah, "Kita mungkin tidak akan pernah cukup kuat untuk sepenuhnya anti kekerasan dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Namun kita harus menjadikan non-kekerasan sebagai tujuan kita dan membuat kemajuan besar ke arah itu."

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Tanpa Kekerasan Internasional bertepatan dengan tanggal lahir Mahatma Gandhi, sebagai bentuk rasa hormat kepada Mahatma Gandhi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut