get app
inews
Aa Read Next : MV3 Garuda Limousine, Mobil Buatan Pindad Yang Antar Prabowo ke Istana

Wow! Inilah Ikan Akuarium Tertua yang Masih Hidup, Diperkirakan Berusia 101 Tahun

Jum'at, 29 September 2023 | 11:09 WIB
header img
Inilah ikan akuarium tertua yang masih hidup. Ikan yang diberi nama Methuselah ini merupakan ikan lungfish atau ikan lempung/ikan paru, yang hidup di Akuarium Steinhart di San Fransisco, Amerika Serikat. Foto: Oddity Central

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah ikan akuarium tertua yang masih hidup. Ikan yang  diberi nama Methuselah ini merupakan ikan lungfish atau ikan lempung/ikan paru, yang hidup di Akuarium Steinhart di San Fransisco, Amerika Serikat.

Methuselah merupakan ikan tertua yang dipelihara di penangkaran, dengan usia diperkirakan antara 92 tahun hingga 101 tahun. Ikan ini sampai di Amerika Serikat pada tahun 1938 dengan kapal uap dari Australia bersama 230 ikan lainnya.

Melansir Oddity Central, pada Jumat (29/9/2023), dia awalnya diberi gelar tidak resmi sebagai ikan tertua di penangkaran pada tahun 2017. Ketika itu para ahli memperkirakan usianya 84 tahun.

Namun, tes yang lebih baru menunjukkan bahwa Methuselah lebih tua dari perkiraan sebelumnya. Para ahli memperkirakan setidaknya Methuselah berusia 92 tahun dan hingga 101 tahun.

Para ilmuwan mempercayai bahwa Methuselah merupakan ikan betina, meskipun mereka tidak meyakini itu adalah satu-satunya ikan yang masih hidup dari semua ikan yang meninggalkan kapal uap.

Saat itu dia hanya seekor ikan kecil, namun terus bertumbuh seiring berjalannya waktu. Kehidupan akuarium sepertinya cocok untuk Methuselah.

Orang-orang yang mengintipnya melalui dinding kaca sepertinya tidak membuatnya stres sedikit pun. Bahkan, dia masih menikmati mengintip kembali para pengunjung hingga hari ini.

Staf Akuarium Steinhart menggambarkan Methuselah sebagai ikan yang bahagia dan puas. Tapi para ilmuwan penasaran untuk mengetahui apakah dia benar-benar merasa atau bertindak tua, dibandingkan dengan ikan yang lebih muda.

Para ahli percaya ikan geriatri memiliki beberapa tanda, di antaranya perubahan tulang belakang, penurunan berat badan, mata keruh, dan bahkan sisik yang mulai memutih. Namun, belum ada satupun yang teramati di Methuselah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut