get app
inews
Aa Read Next : Rusia Tegaskan Kembali Tekadnya Untuk Bekerja Sama Dengan Iran Dalam Anti-Terorisme

Inilah Mal Terbesar di Dunia, Miliki Mirror Hall dengan 38 Juta Keping Cermin

Sabtu, 23 September 2023 | 15:11 WIB
header img
Inilah mal terbesar di dunia, yang ternyata ada di salah satu negara di kawasan Timur Tengah. Mal terbesar di dunia adalah Iran Mall, yang terletak di timur laut Taheran. Foto: Oddity Central

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah mal terbesar di dunia, yang ternyata ada di salah satu negara di kawasan Timur Tengah. Mal terbesar di dunia adalah Iran Mall, yang terletak di timur laut Taheran.

Pusat perbelanjaan Iran Mall ini sangat luas, menempati luas 31 meter persegi dan terdiri dari tujuh lantai. Seluruh area infrastrukturnya berukuran 1,35 juta meter persegi dan akan diperluas menjadi 1,60 juta meter persegi.  

Melansir Oddity Central, pada Sabtu (23/9/2023), sejak tahun 2014, lebih dari 1.200 kontraktor dan sekitar 25.000 pekerja, yang bekerja sepanjang waktu untuk mewujudkan pusat perbelanjaan terbesar di dunia.

Pada tahun 2018, konstruksi tahap pertama selesai dan 267.000 meter persegi area sewa dan 708 unit ritel, yang dibuka apda 1 Mei 2018. Di tahun yang sama Iran Mall mencetak rekor Guinness untuk penuangan beton berkelanjutan terpanjang di dunia, dengan ton beton dituangkan terus-menerus selama 6 hari berturut-turut.

Mal terbesar di dunia ini memiliki lebih dari 700 gerai/toko yang disewa berbagai merek lokal dan internasional yang menawarkan berbagai barang dan jasa, namun juga memiliki serangkaian fasilitas yang tidak dapat ditemukan di sebagian besar pusat  perbelanjaan di dunia.

Salah satunya, Iran Mall memiliki tidak kurang dari 12 bioskop IMAX, serta aula teater berkapasitas 2.000 kursi, museum dan beberapa galeri seni. Juga terdapat taman hiburan, lapangan tenis di puncak gedung, pusat konvensi, hotel dan beberapa ruang konferensi.

Dalam beberapa waktu ke depan akan segera dibuka sebuah hotel bintang 5 baru dan pusat olahraga modern, seiring perkembangan seluruh kompleks perbelanjaan.

Selain itu, Iran Mall juga menampilkan beberapa ruang yang terinspirasi oleh seni dan budaya Persia. Di antaranya bazaar tradisional Iran Mall yang terinspirasi oleh Pasar Tabriz, Isfahan, dan Shiraz.

Iran Mall juga memiliki Taman Didar yang terinspirasi oleh arsitektur batu bata tradisional Iran Tengah, yang dihiasi pohon palem dan air mancur.

Hal paling menarik di Iran Mall adalah adanya fasilitas Mirror Hall, yang memiliki lebih dari 38 juta keping cermin. Jutaan keping cermin ini dikerjakan oleh beberapa perajin terbaik di Iran.

Iran Mall juga merupakan rumah bagi Perpustakaan Jondishapour, perpustakaan mengeasnkan yang menampilkan lebih dari 45.000 buku, manuskrip, dan dokumen.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut