get app
inews
Aa Read Next : Di Usia 22 Tahun, Natalia Devita Purnama Berhasil Menjadi Wisudawan S2 Termuda ITB 

Kisah Inspiratif: Dyana Arum, Putri Petani Jadi Wisudawan Termuda Universitas Negeri Yogyakarta

Kamis, 14 September 2023 | 08:34 WIB
header img
Dyana Arum Nugraini, S.Tr.T, yang menjadi lulusan termuda karena berhasil meraih gelar sarjana terapannya pada usia 21 tahun 1 bulan. Foto: Dok UNY

YOGYAKARTA, iNews.id - Wisuda UNY pada awal September lalu masih mengingatkan kita pada sebuah cerita menarik. Salah satunya adalah cerita Dyana Arum Nugraini, S.Tr.T, yang menjadi lulusan termuda karena berhasil meraih gelar sarjana terapannya pada usia 21 tahun 1 bulan.

Dyana, yang lahir di Sleman pada tanggal 12 Agustus 2002, adalah seorang mahasiswa D4 Teknik Otomotif di Fakultas Vokasi UNY sejak tahun 2019.

"Saya memulai pendidikan di tingkat SMK pada tahun 2016, ketika saya baru berusia 13 tahun," kata Dyana, dilansir laman resmi Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (12/9/2023).

Sebagai alumni SMKN 2 Yogyakarta dengan jurusan Sipil, Dyana mengungkapkan bahwa dia sudah mulai bersekolah di TK pada usia 4 tahun, yang cukup muda. Walaupun hanya bersekolah di TK selama 8 bulan, Dyana kemudian melanjutkan pendidikannya di tingkat SD.

"Awalnya, orang tua saya ragu untuk memasukkan saya ke SD karena saya masih terbilang cukup muda, dan mereka khawatir saya tidak akan mampu mengikuti proses pembelajaran di kelas. Namun, seiring berjalannya waktu, saya berhasil menangkap materi dengan baik, sehingga saya dapat naik ke tingkat berikutnya," ungkapnya.

Dyana adalah anak kedua dari dua bersaudara dan memiliki ketertarikan khusus pada jurusan otomotif. Ketertarikan ini muncul setelah melihat kakak laki-lakinya yang kuliah di jurusan otomotif. Kegiatan seperti membongkar mesin motor, memasangnya, dan sejenisnya sangat mengasyikkan baginya.

Dari sini, muncul motivasi besar bagi Dyana untuk belajar dengan tekun agar bisa diterima di perguruan tinggi.

"Saat saya berada di kelas 3 SMK, saya mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi," katanya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut