get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Bangga Atas Perjuangan Timnas Indonesia U-23

Menteri BUMN Erick Thohir Resmikan Kolaborasi Bisa Tumbuh dengan Rumah BUMN

Jum'at, 08 September 2023 | 16:18 WIB
header img
Beberapa fokus kolaborasi adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk menaikan level bisnis UMKM, peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran, dan kemudahan akses permodalan. Foto: Novi

SERPONG, iNewsDepok.id - Saat ini, sudah banyak UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi. 

Berdasarkan data pemerintah Indonesia, ada sekitar 21 juta UMKM atau 32% dari total 64 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan ekonominya.

Akan tetapi, angka itu masih perlu ditingkatkan agar bisa meraih target 30 juta UMKM go digital pada tahun 2023.

Demi meraih target tersebut, tentu kolaborasi menjadi kunci. Seperti yang dilakukan oleh Bisa Tumbuh yang berkolaborasi dengan Rumah UMKM.

Tidak tanggung-tanggung, pada Kamis, 7 September 2023, kolaborasi ini diresmikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir di Gedung Galeri Koperasi dan UMKM, Jl. Sunburst CBD, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya, Menteri Erick Thohir pun bercerita bagaimana dahulu kedua orangtuanya berjuang membangun usaha sendiri.

"Bapak saya merantau saat usia 10 tahun ke Bandar Lampung untuk memastikan agar dia bisa mendapat pendidikan karena di tempat tinggalnya saat itu di Gunung Sugih, Lampung Tengah, tidak ada sekolah. Sampai di Bandar Lampung, beliau membantu berjualan pakaian dalam, menabung untuk bisa masuk SMP. Lalu merantau ke Solo untuk masuk SMA, dan ke Jakarta untuk kuliah. Ibu menikah dengan Bapak, juga miskin. Ibu berjualan baju di pasar. Berjuang luar biasa. Tapi mereka bisa jadi pengusaha sukses. Mereka memberi bekal pada saya yaitu fighting spirit dan mau belajar," ujar Erick.

Dan kini semakin banyak anak muda yang ingin jadi entrepreneur atau pengusaha. "Tadi saya bertemu dengan anak-anak SMP yang juga datang ke acara peresmian ini. Sebagian besar (70 persen) ingin jadi pengusaha," kata Erick.

Disebutkan Erick, sebagai Agent of Development, Kementerian BUMN berkomitmen mendukung pemerintah dan mendorong pemerataan ekonomi Indonesia, serta kesejahteraan masyarakat. 

"Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program dan inisiatif, diantaranya yang fokus pada bidang UMKM. Oleh karena itu, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bisa Tumbuh diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap para pelaku UMKM dan masyarakat luas,” tandas Erick.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut