get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Jalur Seleksi Masuk PTN 2024, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Melalui YOU-STEP! 21 Mahasiswa Penyandang Disabilitas Ini Siap dan Sukses Masuki Dunia Kerja

Rabu, 06 September 2023 | 09:48 WIB
header img
Selama 6 bulan, setiap peserta berkesempatan untuk mendapatkan banyak insights menarik dari sederetan pakar dan pebisnis andal. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Jembatani akses dan peluang lapangan kerja bagi penyandang disabilitas, Unilever Indonesia menggelar program Youth of Unilever Self-development Training & Enhancement (YOU-STEP!) sebagai inisiatif terbaru dalam mengedepankan keadilan dan inklusivitas bagi penyandang disabilitas, khususnya di dunia kerja

Berkolaborasi dengan Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN), program ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan 21 mahasiswa penyandang disabilitas terpilih, agar lebih siap memasuki dunia pekerjaan melalui workshop dan mentoring intensif selama 6 bulan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (2022), jumlah pekerja dengan disabilitas pada 2021 mengalami penurunan sebanyak 0,61% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, masih ada ketimpangan akses dan peluang kerja bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Sebanyak 71,4% penyandang disabilitas masih berstatus sebagai pekerja informal.

Untuk menjembatani ini, para penyandang disabilitas memerlukan pelatihan keterampilan dan akses yang lebih dekat dengan pemberi kerja (perusahaan).

Willy Saelan selaku Direktur Human Resources Unilever Indonesia menuturkan, “Berpegang pada prinsip Equity, Diversity and Inclusion (ED&I), kami terus mengadvokasi terciptanya lingkungan kerja yang mempromosikan budaya keragaman dan inklusi, serta mendorong potensi karyawan tanpa memandang gender, suku, warna kulit, agama, usia, atau kondisi fisiknya. Kami percaya bahwa siapapun berhak mendapatkan kesempatan dan dukungan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.”

Sebagai salah satu perwujudan komitmen ED&I-nya, Unilever Indonesia bekerja sama dengan KONEKIN menggelar program YOU-STEP!, berisi rangkaian workshop dan mentoring intensif bagi 21 orang mahasiswa penyandang disabilitas terpilih untuk lebih mengenal dan mengusai standar kualitas di sektor kerja formal.

Diharapkan pengembangan skill dan mindset dari program ini dapat membantu para penyandang disabilitas siap dan sukses dalam memasuki dunia kerja.

Keduapuluh satu mahasiswa peserta program YOU-STEP! (10 laki-laki dan 11 perempuan) terdiri dari penyandang tuna netra, penyandang tuli, penyandang disabilitas daksa, penderita gangguan pendengaran, penderita gangguan pengelihatan, hingga penyandang disabilitas mental.

Dari sisi persebaran peserta, 62% dari mereka berasal dari luar Pulau Jawa – mencerminkan peluang yang adil bagi semua mahasiswa/i, di manapun mereka berada, untuk mengembangkan diri.

Marthella Rivera, Founder dan CEO KONEKIN menimpali, “Sesuai dengan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, perlu adanya kesetaraan kesempatan dan peluang kepada teman-teman penyandang disabilitas dalam menyalurkan potensi dalam segala aspek. Dari 17 juta penyandang disabilitas usia produktif, hanya 7,6% yang bekerja. Kompetisi di pasar kerja semakin sulit di era digital saat ini, di mana agility menjadi salah satu kriteria pekerja yang dicari. Karenanya, kami terus memperkuat kolaborasi lintas pemangku kepentingan, termasuk Unilever Indonesia, untuk menjembatani kesenjangan yang ada. Melalui program YOU-STEP!, kami ingin memberikan upskilling yang akan membantu teman-teman mahasiswa penyandang disabilitas untuk lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.”

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut