get app
inews
Aa Read Next : Anies Baswedan Curhat KTP 2 Anaknya Dicatut Oleh Calon Independen Cagub Dharma-Kun

Terungkap AHY  Siapkan Rencana Ini Usai Tinggalkan Anies dan Koalisi Perubahan

Minggu, 03 September 2023 | 21:32 WIB
header img
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: DOK )

JAKARTA, iNewsDepok.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah mempunyai rencana setelah melepaskan diri dari Anies Baswedan dan koalisi Perubahan.

AHY rencananya akan mengumpulkan semua pengurus pusat Partai Demokrat akan berkumpul di kantor DPP pada Senin pagi besok (4/9/2023). Pertemuan tersebut akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat (PD), Herzaky Mahendra Putra, yang menegaskan bahwa saat ini fokus utama partai adalah konsolidasi internal.

"Ke depan, kami akan mengadakan beberapa pertemuan yang sedang direncanakan oleh Mas AHY. Oleh karena itu, akan ada pertemuan dengan pengurus pusat yang dijadwalkan besok pada hari Senin tanggal 4 September," kata Herzaky kepada media pada hari Minggu (3/9/2023).

Upaya konsolidasi internal ini, lanjut Herzaky, mencerminkan sikap AHY yang mengutamakan aspirasi kader, terutama dari rakyat di berbagai daerah. Setelah pertemuan ini, Partai Demokrat akan menentukan langkah-langkah selanjutnya, terutama dalam pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Setelah itu, ke depannya mungkin akan diputuskan berdasarkan harapan masyarakat apakah kita akan mendukung perubahan, perbaikan, yang telah menyampaikan aspirasi dan harapannya kepada Demokrat selama ini,” tegas Herzaky.

Herzaky berharap bahwa tindakan konsolidasi ini akan membantu Partai Demokrat menetapkan arah politiknya sesuai dengan aspirasi dan harapan yang dinyatakan oleh rakyat melalui kader-kader mereka di seluruh Indonesia.

“Kita akan melangkah ke arah mana? Ini adalah nasib bangsa dan negara yang sedang kita perjuangkan. Tentu kita akan mendalami setiap data, fakta, serta harapan dari rakyat untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Herzaky.

Sebelumnya, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, tidak membantah kemungkinan adanya komunikasi dengan PDIP. Terlebih lagi, AHY dan Puan Maharani juga dikabarkan pernah berkomunikasi.

"Andai komunikasi dengan PDIP sudah pernah terjadi dengan Mbak Puan, dan kemungkinan Sekjen juga telah berkomunikasi dengan Sekjen PDIP. Sekjen kami dapat berkomunikasi dengan Sekjen mereka, dan berbagai pertemuan di masa depan dapat diatur," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menyatakan bahwa PDIP siap menjajaki kemungkinan kerja sama dengan partai yang dipimpin oleh mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga menyebut bahwa komunikasi dengan Demokrat yang keluar dari koalisi perubahan, khususnya dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), telah berlangsung baik.

“(Komunikasi dengan Demokrat) masih berlanjut dan akan terus berlangsung. Tentu saja, setelah ini kami akan menjalin hubungan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk dengan semua partai,” kata Puan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut