get app
inews
Aa Read Next : Underpass Dewi Sartika Depok Mulai Dibangun, Pengguna Jalan Agar Mencari Alternatif Lain

Cegah Banjir di Musim Penghujan, Situ Cilodong Dinormalisasi

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:30 WIB
header img
Upaya normalisasi Situ Cilodong yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Senin (17/1/2022). Foto: Diskominfo

DEPOK, iNews.id - Situ Cilodong dipenuhi sampah-sampah bahkan hingga ke tengah situ. Di musim penghujan ini, kondisi tersebut rawan terjadi genangan air maupun banjir.

Untuk itu, Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan upaya normalisasi Situ Cilodong. Salah satu upaya yang dilakukan untuk normalisasi Situ Cilodong adalah dengan cara manual, yakni menggunakan kubus apung HDPE.

BACA JUGA:

Awal Februari 2022, PTM 100 Persen di Depok Sudah Diberlakukan

“Kami terjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan pembersihan Situ Cilodong secara manual dan dibantu dengan kubus apung HDPE guna menjangkau sampah yang berada di tengah situ,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Senin(17/01/22)

Setelah sampah terkumpul di pinggir, kata Citra, kemudian sampah diangkut menggunakan mobil dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Citra mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan selama alat berat belum bisa ditempatkan di Situ Cilodong. Untuk lama pengerjaan, pihaknya tidak bisa memastikan karena memasuki musim hujan sehingga sampah tidak bisa diprediksi.

BACA JUGA:

Banyak Tumpukan Sampah, Kali Pesanggrahan di Pasir Putih Sawangan Dinormalisasi

"Alat berat kami terbatas jumlahnya, jadi selama masih ditempatkan di situ lain, kami memaksimalkan Satgas yang ada. Meski manual, kami melengkapi petugas dengan alat keselamatan," ujarnya.

Citra berharap, normalisasi ini bisa mengembalikan fungsi situ secara maksimal. Terlebih, saat ini memasuki musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

“Kami harap masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air sekitar sehingga diharapkan tidak terjadi banjir akibat luapan situ," tutupnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut