get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Pastikan Janji Kampanye Tuntas Walau Masa Jabatan Tidak Full

BNPT Dorong Duta Damai Aktif Ingatkan Bahaya Perilaku Intoleran

Jum'at, 07 Juli 2023 | 13:27 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat acara Hari Keluarga Nasional ke-30 di Musi Banyuasin. Foto doc BNPT RI

MUSI BANYUASIN, iNewsDepok.id - Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mendorong Duta Damai untuk lebih aktif mengingatkan bahaya perilaku intoleran melalui cara-cara yang mudah dimengerti.

Permintaan Rycko disampaikan saat acara Hari Keluarga Nasional ke-30 di Musi Banyuasin, Kamis (6/7/2023). Acara menjadi pertemuan antara BNPT RI, BKKBN, dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hadir Duta Damai Dunia Maya dari BNPT RI dan Duta Generasi Berencana Indonesia (GenRe) bentukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kepala BNPT RI meminta agar Duta Damai lebih peka dan mengingatkan teman sebayanya untuk tidak bertindak eksklusif dan intoleran.

“Anak-anakku jika ada kawan kita yang mulai tidak bisa menerima perbedaan, tolong diingatkan karena intoleransi, radikalisme, terorisme itu berbahaya untuk Indonesia yang damai,” kata Rycko.

Kepala BNPT RI menggarisbawahi agar Duta Damai menggunakan cara-cara yang persuasif dan familiar.

"Duta Damai dibentuk untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda  dengan bahasa yang mudah diterima di kalangan anak muda," imbuh Rycko.

Rycko mengingatkan ada pihak-pihak tertentu yang kerap menggunakan ayat-ayat suci untuk berbuat kekerasan. Pihak tersebut menyalahgunakan agama untuk kepentingannya demi mendapat dukungan.

“Mereka sesungguhnya tidak mengajarkan agama karena agama tidak mengajarkan kekerasan," tegas mantan Kapolda Jawa Tengah tersebut. 

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan kerja sama yang terjalin antara BKKBN dengan BNPT RI dan  dengan Duta Pancasila BPIP tersebut penting dalam pendidikan karakter generasi muda.

“Keterlibatan BNPT dan BPIP sangat penting dalam melakukan pendidikan karakter, remaja ini harus berencana, mereka juga harus bisa menghayati Pancasila dan mereka juga harus anti terorisme,” kata Hasto.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut