get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Komik Tinju Terpanjang dalam Sejarah, Fight!! Ippo

Jum'at, 30 Juni 2023 | 11:06 WIB
header img
Fight!! Ippo, komik tinju terpanjang dalam sejarah. Foto : Elexmedia

DEPOK, iNewsDepok.id - Bagi penggemar Komik Jepang, mungkin tak asing dengan serial Detective Conan & One Piece, kedua nama tersebut merupakan komik yang masih diproduksi hingga kini dengan jumlah yang melebihi angka 100 volume serta masih mengeluarkan seri animasinya.

Tapi jika ditanya komik olahraga apa yang memiliki volume terpanjang, bahkan hingga kini? Ya.... jawabannya adalah Hajime no Ippo atau dalam Terjemahan bahasa Indonesia disebut Fight!! Ippo. Diterbitkan oleh Level Comic group Elexmedia, saat ini seri bukunya di Indonesia sudah mencapai volume 131 bahkan di negara asalnya jepang, sudah masuk volume 137.

Komik ini merupakan terobosan baru untuk generasi muda yang awalnya tidak mengenal tinju menjadi tertarik dan bahkan menggandrungi olahraga baku hantam ini.

Di ciptakan oleh seorang mangaka Joji Morikawa seorang penggemar tinju pro jepang sejak tahun 1989, komik ini berkisah tentang seorang remaja SMA berusia 16 tahun bernama Ippo makunouchi yang selalu dijahili oleh tiga orang murid disekolahnya.

Hingga Suatu saat, dia ditolong oleh seorang petinju profesional kelas menengah bernama Mamoru Takamura. Pertemuannya dengan Takamura membuka jalan baginya untuk menjadi seorang petinju profesional. Ippo yang awalnya diremehkan, perlahan menjadi sosok yang disegani dan diunggulkan layaknya petinju jepang masa kini, Naoya Inoue.

Dia memiliki style bertinju seperti Mike Tyson dengan Peek A boo style dan pukulan hasil campuran jawara kelas berat Jack Dempsey. 

Banyak karakter yang dihadirkan dalam komik ini dengan berbagai teknik bertinju yang unik-unik dan juga aneh. Pada chapter awal kita dikenalkan dengan petinju muda yang akan menjadi rival si tokoh utama bernama Ichiro Miyata, dia adalah representasi dari Muhammad Ali petinju outboxer yang selalu menggunakan kakinya untuk menjaga jarak dengan lawan, dengan pukulan andalannya Counter Punch.

Kisah perjalanan Ippo juga dibuat semenarik mungkin, seperti saat dia menghadapi turnamen petinju pendatang baru jepang dengan bertemu lawan lawan yang kuat, seperti Jason Ozuma, Ryuichi Hayami, Ryo Mashiba & Takeshi Sendo, Ippo belajar disetiap pertarungannya untuk menghadapi teknik bertinju musuh.

Banyak sekali istilah istilah dalam tinju yang dipakai dalam komik ini dengan penjelasan & penggambaran yang sangat menarik. Pada awalnya komik ini bertujuan menghadirkan pertarungan Ippo dengan Miyata dalam partai final kejuaraan tinju pro jepang, namun melebar menjadi kejuaraan Asia hingga Dunia layaknya Tinju pro sebenarnya. Hingga saat artikel ini di tulis, belum ada tanda tanda akan tamatnya komik ini. 

Komik ini sempat dibuat sebuah anime berjudul sama dengan musim yang masing masing berjarak sangat panjang. Musim pertama animenya dirilis tahun 2000 hingga 2002 dengan menelurkan 76 episode. Berkisah mengenai perjalanan karier Ippo dari awal hingga menjadi juara nasional Jepang.

Di musim kedua yang dirilis pada tahun 2009 lebih menitik beratkan pada perjuangan sitokoh utama dalam usahanya mempertahankan gelar, dan kejuaraan dunia WBC kelas menengah bagi Takamura. Musim ketiga dirilis pada 2013 hingga 2014 dengan penceritaan yang hampir sama seperti musim sebelumnya. Dan kini dalam update terbarunya, musim ke empat sedang dalam tahap pengerjaan. 

Bagi anda penggemar tinju, mungkin boleh sesekali membaca komik ini atau menonton animasinya... 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut