get app
inews
Aa Read Next : RSUI Gelar Operasi Gratis Katarak, Bibir Sumbing dan Celah Lelangit, Simak Jadwal dan Syaratnya

Puluhan Warga Dapat Layanan Operasi Bibir Sumbing Gratis di RS EMC Pekayon

Rabu, 21 Juni 2023 | 19:55 WIB
header img
Operasi bibir sumbing gratis. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Rumah Sakit EMC Pekayon menggelar bakti sosial bibir sumbing. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan Yayasan Kesehatan Alfa Omega (YKAO), dan Smile Train. Ada 21 anak yang menjalani operasi bibir sumbing ini.

“Sebanyak 21 Anak yang menjalani operasi Bibir Sumbing di RS EMC Pekayon. 16 diantaranya adalah anak dengan Bibir Sumbing, sedangkan 5 lainnya adalah anak dengan langit sumbing. Peserta kegiatan baksos ini berasal dari beragam kota di Jawa Barat,” kata Manager Medic & Ancillary EMC Pekayon, Dickson Soetanto, Rabu (21/6/2023).

Bakti Sosial ini merupakan kali kedua yang dilakukan di RS EMC Pekayon. Sebelumnya, diadakan bakti sosial dengan sasaran adalah Pasien Hernia.

“Kedua kegiatan Bakti Sosial ini emrupakan kerja sama antara RS EMC Pekayon dengan Yayasan Kesehatan Alfa Omega,” ujarnya.

Celah bibir atau sumbing merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi. Sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut, ataupun pada keduanya. Kondisi ini sebenarnya dapat diperbaiki melalui serangkaian operasi, sehingga dapat mengembalikan fungsi normal dan mencapai penampilan yang lebih normal

“Peserta operasi bibir sumbing ini berusia bayi 0-5 tahun. Bibir sumbing terjadi karena kelainan saat masa pertumbuhan dalam kandungan ibu,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini ada lima dokter yang terlibat. Antara lain dokter bedah plastik dan tim dokter anestesi serta para medis lainnya. Tim dokter mengaku tidak ada kesulitan saat melakukan operasi pada pasien.

“Tidak ada kesulitan yang berarti pada saat kegiatan berlangsung,” pungkasnya

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut