get app
inews
Aa Read Next : Siap Terkejut? Samsung Neo QLED 8K, Revolusi TV dengan Kecerdasan Buatan

Bespoke Life 2023, Berbagai Solusi Samsung untuk Gaya Hidup Berkelanjutan, Terhubung, dan Stylish

Kamis, 08 Juni 2023 | 23:23 WIB
header img
Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO, dan Head of the DX (Device eXperience) Division Samsung Electronics. Foto: Tangkapan Layar

SEOUL, iNewsDepok.id - Ramah lingkungan menjadi isu yang cukup mendapat perhatian serius di berbagai negara.

Begitu juga dengan Samsung Electronics Co., Ltd. yang tak hanya menghadirkan produk- produk berteknologi tinggi, namun juga ramah lingkungan.

Hal itu terungkap dalam Samsung Bespoke Life 2023, pameran tahunan ketiga yang mengetengahkan pembaruan terbaru pada rangkaian produk Bespoke.

Melalui live streaming di situs web resmi Samsung, newsroom, dan channel YouTube, pada Rabu, 7 Juni 2023 pukul 21.00 WIB, acara ini membuka kesempatan untuk mengetahui bagaimana perluasan visi "Bespoke Life" akan mengubah kehidupan pengguna melalui keberlanjutan, konektivitas, dan desain.

“Bespoke Life mewujudkan komitmen Samsung untuk membuat rumah dan masa depan kita menjadi lebih berkelanjutan dengan mengonsep kembali produk yang kita gunakan setiap hari,” tandas Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO, dan Head of the DX (Device eXperience) Division Samsung Electronics.

“Dengan memperkenalkan cara-cara baru dan kreatif bagi pengguna untuk 'Bespoke' kehidupan mereka, produk dan solusi terbaru kami memberdayakan siapa saja untuk menikmati gaya hidup yang lebih berkelanjutan, terhubung, dan stylish,” tambahnya.

Konsep Samsung Bespoke Life lahir dari keyakinan bahwa home appliance adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Oleh karena itu, acara Bespoke tahun ini menyoroti upaya Samsung untuk semakin mengurangi emisi karbon di seluruh siklus hidup produk.

Samsung juga mengumumkan peluncuran Filter Less Microfiber terbaru: solusi sederhana untuk meminimalkan emisi mikroplastik saat mencuci.

Dari penyediaan sumber dan produksi hingga distribusi, penggunaan, dan daur ulang, Samsung mendesain ulang setiap tahap siklus hidup produk untuk membantu mengurangi penggunaan energi dan emisi karbon dioksida (CO2).

Contohnya antara lain; mendaur ulang lebih banyak sumber daya, termasuk mengoperasikan pusat daur ulang tertutup (close-loop), menggunakan bahan bioplastik dari limbah minyak pada keranjang penyimpanan di kulkas Bespoke, dan meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dari jaring ikan.

Setelah diproduksi, produk-produk akan dikirim ke pengguna dalam kemasan ramah lingkungan (eco-packaging) Samsung, yang mengganti tape dan coil plastik dengan kertas, mulai awal tahun ini.

Memudahkan Penghematan Energi

Untuk mendorong kehidupan yang lebih berkelanjutan selama fase penggunaan produk, Samsung terus memperluas layanan yang memudahkan penghematan energi.

Itulah sebabnya, pada tahun ini, lima produk Bespoke baru, termasuk kulkas, mesin cuci dan pengering, mesin pencuci piring, dan AC, serta Eco Heating System dari Samsung, akan menampilkan SmartThings AI Energy Mode versi terbaru, yang segera tersedia di 65 negara.

Selain mempromosikan pengurangan emisi karbon dan penggunaan energi, Samsung terus berperan aktif dalam mengatasi polusi mikroplastik.

Setelah mengembangkan siklus cucian yang mengurangi pengeluaran serat mikro hingga 54%, Samsung dan Patagonia kembali bekerja sama untuk meluncurkan Filter Less Microfiber.

Filter Less Microfiber ini mampu menangkap hingga 98% serat mikro yang terlepas selama siklus cucian berlangsung.

Saat digunakan untuk mencuci dua kilogram cucian selama empat kali seminggu, filter ini dapat membantu mengurangi hingga 132gram pembuangan mikroplastik per orang per tahun — jumlah yang setara dengan kira-kira delapan botol plastik 500ml.

Saat ini Filter Less Microfiber tersedia di Korea dan Inggris, dan akan diluncurkan ke negara lain pada kuartal tiga tahun ini.

Jajaran Produk yang Terhubung

Dengan memperkuat konektivitas di seluruh jajaran produk dan memperluas AI ke lebih banyak kategori produk, Samsung membuka jalan bagi era baru rumah yang terhubung secara hyper-connected.

Untuk memudahkan konsumen menikmati pengalaman tersebut, Samsung telah mengumumkan akan mengintegrasikan dukungan Wi-Fi ke semua produk Bespoke terbaru dan akan menjadikan konektivitas sebagai standar di semua jajaran produk Samsung pada tahun-tahun mendatang.

Hidup yang Stylish

Saat ini, Samsung terus memikirkan tentang produk apa yang harus ditawarkan kepada pengguna untuk menentukan desain Bespoke — pendekatan desain yang tumbuh lebih dinamis dan berbeda setiap kali diperluas ke kategori produk baru.

Mulai tahun ini, rangkaian produk Bespoke mencakup total 15 kategori produk yang tersedia untuk konsumen di 52 negara.

Setiap ekspansi produk akan menghadirkan peluang untuk memenuhi lebih banyak gaya hidup dan kebutuhan.

Tahun ini Samsung juga terus memperluas opsi personalisasinya untuk memberdayakan lebih banyak orang dalam mengkustomisasi rumah mereka.

Sejak tahun lalu tersedia untuk semua konsumen di Amerika Serikat, layanan kustomisasi Samsung MyBespoke yang memudahkan pengguna untuk mengolah tampilan dapur yang benar-benar mencerminkan gaya hidup konsumen dengan menggunakan foto atau karya seni untuk membuat panel kulkas yang unik.

Untuk lebih meningkatkan etos desain Bespoke yang berani, Samsung telah mengumumkan bahwa panel Bespoke edisi terbatas yang dirancang oleh studio kreatif Italia TOILETPAPER dan pertama kali diluncurkan di Fuorisalone 2023, kini sudah bisa dibeli di Samsung.com dan juga bisa didapatkan di Samsung flagship store di Inggris, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut