get app
inews
Aa Read Next : WhatsApp Rilis Aplikasi untuk Mac, Bisa Video Call Hingga 8 Orang

WhatsApp Rilis Fitur Baru "Saluran", Dapatkan Informasi Terkini dari Organisasi Pilihan

Jum'at, 09 Juni 2023 | 08:15 WIB
header img
Fitur terbaru WhatsApp yang bernama "Saluran" atau "Channels". Foto: WhatsApp

JAKARTA, iNewsDepok.id - WhatsApp (WA) merilis fitur terbarunya yang disebut "Saluran" atau "Channels". Meta, perusahaan induk dari Whatsapp, mengatakan fitur tersebut merupakan sebuah cara untuk menerima info terkini dari orang-orang dan organisasi, dikutip dari blog WhatsApp, Kamis (8/6/2023).

Dalam WhatsApp, informasi dari Saluran akan ditampilkan di tab baru yang disebut "Pembaruan" atau "Updates". Pengguna akan menemukan Status dan saluran yang dipilih untuk diikuti dalam tab tersebut.

Meta berfokus pada memfasilitasi saluran untuk organisasi seperti otoritas setempat, LSM, tim olahraga, lembaga penelitian medis, dan badan pemeriksa fakta, bukan untuk individu seperti influencer, politikus, atau kreator.

Admin dari saluran dapat mengirim pesan, foto, video, stiker, dan polling. Pengguna dapat memilih saluran yang ingin diikuti secara bebas. Saluran dapat dicari dalam direktori yang disediakan dan juga dari tautan undangan yang dikirim atau disebarkan. Meta mengatakan akan memperkenalkan tools bagi admin untuk mematikan kemampuan untuk ditemukan pada saluran mereka.

Untuk keamanan pengguna dan admin, WhatsApp tidak akan menampilkan nomor telepon dan foto profil admin kepada pengikut. Demikian sebaliknya, milik pengguna tidak akan diperlihatkan kepada admin dan pengikut lainnya.

Riwayat postingan dalam Saluran juga akan tersimpan hingga 30 hari, setelah itu akan terhapus secara otomatis. Admin nantinya akan punya opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka.

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan dalam pernyataannya, dikutip dari TechCrunch pada Kamis (8/6/2023), mereka baru meluncurkan fitur ini di Kolombia dan Singapura. Yang sudah menggunakannya yaitu Yayasan Jantung Singapura dan badan pemeriksa fakta Colombia Check. Badan internasional lainnya juga sudah ikut, seperti International Rescue Committee (IRC), World Health Organization (WHO), serta tim sepakbola FC Barcelona dan Manchester City.

Meta berencana akan memperluas ketersediaan fitur Saluran ini ke beberapa negara, dengan tujuan akhir memberikan akses kepada pengguna dengan kemampuan dalam membuat saluran mereka sendiri.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut