get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Ke-78 TNI, TNI AU Siapkan Gelar Demo Udara di Lanud Halim Perdanakusuma dan Monas

Catat! Lebaran Betawi Digelar Kembali Tanggal 20-21 Mei di Monas

Jum'at, 19 Mei 2023 | 09:05 WIB
header img
Ondel-ondel dan rumah khas Betawi di Museum Betawi Jakarta Selatan. Foto: iNews Depok/Dhodi.

DEPOK, iNewsDepok.idLebaran Betawi kembali digelar pada 20-21 Mei 2023 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Acara yang mengusung tema ‘Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju’ ini menawarkan ragam atraksi khas Betawi sekaligus menjadi ajang silaturahim warga Jakarta.

Ketua panitia Lebaran Betawi 2023 H Beky Mardani menjelaskan bahwa acara Lebaran Betawi tidak hanya untuk orang Betawi saja, tapi juga untuk semua warga Jakarta.

"Di Lebaran Betawi inilah, bukan hanya orang Betawi, tapi sesama warga Jakarta dapat bertemu dan saling berinteraksi, termasuk dengan elemen-elemen Pemda DKI," jelas H Beky Mardani dalam siaran resmi, Kamis (18/05/2023).

Beky mengatakan berbagai atraksi akan digelar pada Lebaran Betawi, antara lain ‘hantaran’ atau ‘anteran’ sebagai tradisi masyarakat Betawi saat Lebaran. Ini digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua.

Selain itu ada juga atraksi lainnya seperti bedug hingga penampilan seni Tanjidor, Samrah, dan Gambang Keromong. Tak ketinggalan, Keroncong Betawi hingga penampilan grup Kerontjong Toegoe yang legendaris juga akan menghibur pengunjung.

Untuk agenda acara hiburan di hari pertama, ditutup dengan pemutaran film layar tancep. Sementara pada hari kedua, pertunjukkan dibuka dengan tradisi palang pintu yang dilanjutkan Parade Budaya Betawi meliputi Ondel-ondel, rombongan penari, pesilat dan ditutup penampilan Lenong Betawi.

Masyarakat yang ingin menyaksikan gelaran Lebaran Betawi dapat mengunjungi Monas pada 20-21 Mei 2023 mulai pukul 08.00 WIB secara gratis. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner dan membeli aneka aksesori khas Betawi di lokasi itu.

Lebaran Betawi merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB). Teknis pelaksanaannya didukung Pemprov DKI Jakarta.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut