get app
inews
Aa Read Next : WhatsApp Rilis Aplikasi untuk Mac, Bisa Video Call Hingga 8 Orang

Cara Sembunyikan Chat Rahasia: Ini Fitur Baru WA, Kunci Chat

Selasa, 16 Mei 2023 | 14:29 WIB
header img
Kunci Chat, fitur baru dari WhatsApp untuk membuat chat yang bersifat rahasia dan privat terkunci dan tersembunyi. Foto: WhatsApp

DEPOK, iNewsDepok.id - WhatsApp mengumumkan fitur terbarunya yaitu Kunci Chat, Senin (15/5/2023) melalui situs blognya. Fitur tersebut dirancang untuk membantu menjaga isi pesan penggunanya tetap privat dan aman.

"Hari ini, kami sangat senang karena dapat memperkenalkan fitur terbaru kami bernama Kunci Chat, yang memberikan perlindungan ekstra untuk chat paling rahasia Anda," tulis mereka dalam blog kemarin.

WhatsApp menjelaskan, saat fitur Kunci Chat diaktifkan, utas chat akan dihapus dari kotak masuk dan ditempatkan di dalam folder khusus yang hanya dapat diakses dengan kata sandi atau keamanan biometrik perangkat penggunanya, seperti sidik jari.

Setelah sebuah utas chat dikunci, isi chat di notifikasi juga akan tersembunyi. Ini bermanfaat bagi pengguna yang terkadang perlu berbagi smartphone dengan keluarga atau orang lain dalam
beberapa waktu. Ketika sebuah chat rahasia masuk, pengguna dapat merasa lebih aman dan terjaga privasinya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna cukup ketuk kontak atau grup yang ada di kotak masuk, lalu pilih opsi kunci. Untuk membuka chat ini, tarik kotak masuk perlahan ke bawah dan masukkan kata sandi atau sidik jari.

Pihak aplikasi milik Meta tersebut mengatakan, mereka akan menambahkan beberapa opsi tambahan untuk fitur Kunci Chat, termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping membuat kata sandi khusus untuk chat yang memungkinkan pengguna menggunakan kata sandi berbeda dari kata sandi untuk mengunci smartphone pengguna.

Meski WhatsApp sudah mempunyai sistem enkrpisi end-to-end, tidak menutup kemungkinan orang lain yang mempunyai akses ke smartphone pengguna untuk melihat isi pesan di WhatsApp. Fitur baru inilah yang memberikan keamanan ekstra bagi pengguna.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut