get app
inews
Aa Read Next : AS Kembali Luncurkan Rentetan Rudal ke Posisi Houthi di Yaman

Lato-Lato Remaja Ini Hilang Satu saat Membungkuk Ngambil Bola Golf

Senin, 01 Mei 2023 | 11:33 WIB
header img
Ilustrasi main golf. Foto: ist

WASHINGTON, iNews.id - Seorang remaja asal Utah, Amerika Serikat, yang namanya dirahasiakan secara aneh kehilangan satu bola lato-lato alias testis miliknya. 

Remaja berusia 16 tahun tersebut, seperti dilaporkan Daily Star pada hari Jumat (28/4/2023), merasakan sakit parah di pangkal pahanya sebelum mengalami sakit perut yang berkelanjutan dan mual terus-menerus.

Kejadian ini dilaporkan dalam jurnal Urology Case Reports. Dalam laporan tersebut, testis remaja itu tertarik ke dalam saat ia membungkuk untuk mengambil bola golf.

Ketika remaja itu memeriksa daerah sakit itu, ia merasa putus asa karena testis kirinya hilang dan segera pergi ke rumah sakit Salt Lake City. Dokter memberinya obat penghilang rasa sakit sebelum CT scan mengungkapkan bahwa testisnya masih utuh tetapi telah naik melalui saluran yang mengalir dari skrotum menuju perut.

Kondisi ini dikenal sebagai testis naik, yang terjadi ketika testis anak laki-laki turun saat pubertas tetapi kemudian tidak tetap di tempatnya.

Menurut Mayo Clinic, testis pada saat pubertas dapat bergerak "bolak-balik antara skrotum dan selangkangan". 

Dokter meneliti rekam medis remaja tersebut dan menemukan bahwa ia telah didiagnosis dengan testis kiri yang bisa ditarik sejak usia 11 tahun. Dia juga telah mengalami hidrokel sejak masih dalam kandungan.

Selama siklus janin yang normal, testis berkembang di perut sebelum turun dan dipegang oleh ruang inkubasi genital yang tertutup. Saat remaja membungkuk dan merasakan sakit, ahli bedah dapat mengambil bola golf yang tersesat dan mengembalikannya ke tempat semula, sebelum menutupinya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut