get app
inews
Aa Read Next : Tidak Bisa Kendalikan Kecepatan Motornya, Seorang Pengendara di Cinere Tewas Ditempat

Kereta Tabrak Derek di Belanda, Satu Tewas dan Puluhan Luka-luka

Selasa, 04 April 2023 | 20:43 WIB
header img
Kereta yang menabrak sebuah derek di desa Voorschoten, Belanda pada Selasa (3/4/2023) dini hari mengakibatkan satu orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Foto: REUTERS/Pascal Rossignol

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sebuah kereta penumpang di Belanda menabrak sebuah derek konstruksi yang mengakibatkan seorang operator derek tewas dan mengakibatkan puluhan penumpang luka-luka.

Kejadian terjadi pada Selasa (4/4/2023) pukul 03.30 waktu setempat, ketika kereta tergelincir di desa Voorschoten dekat Den Haag, lalu menabrak sebuah derek yang sedang berada di atas rel.

Dikutip dari Reuters, John Voppen, CEO perusahaan jaringan kereta api Belanda ProRail, mengatakan pekerjaan pemeliharaan sudah direncanakan dan sesuai standar, tetapi mereka tidak tahu bagaimana derek tersebut masuk ke jalur kereta api yang masih beroperasi.

"Derek tersebut merupakan bagian dari pekerjaan pemeliharaan dua jalur kereta yang ditutup untuk lalu lintas, sementara dua lainnya dari total empat jalur tetap beroperasi untuk lalu lintas kereta," sebut Voppen.

Setelah menabrak derek, tiga gerbong paling depan kereta terlempar keluar jalur, dua di antaranya meluncur ke bawah tanggul dekat jalur dan terlempar ke sebuah ladang. Tak lama, satu gerbong terbakar dan kabel di atas kereta jatuh dan mendarat di atas kereta.

Beberapa korban luka-luka dirawat di tempat oleh tim penyelamat dan beberapa di rumah sekitar kejadian, sementara 19 orang dibawa ke rumah sakit.

Pihak berwenang mengatakan, investigasi lanjutan akan dilaksanakan untuk mencari penyebab kecelakaan dan mengatur tindakan pencegahan.

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, dalam akun Twitter-nya mengucapkan bela sungkawa kepada para korban dan keluarganya.

"Kecelakaan kereta yang mengerikan di Voorschoten, disayangkan satu orang meninggal dan banyak orang yang terluka. Bela sungkawa saya kepada seluruh korban dan kerabat. Saya berharap mereka semua diberi kekuatan," tulis Rutte.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut