get app
inews
Aa Read Next : AI Akan Dominasi CES 2024, Bahkan Tanpa Altman dari OpenAI

Seperti Ini Kecantikan Wajah Roro Jonggrang, Terkuak karena Teknologi AI

Minggu, 05 Maret 2023 | 09:04 WIB
header img
Seperti ini kecantikan wajah Roro Jonggrang yang terkuak karena teknologi AI. Foto: Sindonews

DEPOK, iNewsDepok.id - Penasaran dengan wajah Roro Jonggrang? Kehadiran teknologi artifisial intelligence (AI) berhasil menyoroti kecantikan wajah Roro Jonggrang di masa lalu.

Bila sebelumnya, wajah Dyah Pitaloka Citraresmi yang terungkap melalui hasil rekayasa teknologi AI, kini melalui patung di Candi Prambanan teknologi AI menguak wajah Roro Jonggrang.

Mengenai kecantikan wajah Roro Jonggrang bila menggunakan teknologi AI ini diunggah dalam sebuah akun TikTok.

"I asked AI to imagine "Roro Jonggrang based on Durha Statue" #artificialintelligence #majapahit #mataram (Saya bertanya ke AI untuk menggambarkan "Roro Jonggrang berdasarkan patung Durha")," tulisnya dalam keterangan video.

Sebagaimana diketahui, dalam masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, ada legenda Roro Jonggrang. Legenda tersebut menceritakan mengenai Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Melihat kecantikan Roro Jonggrang membuat Bandung Bondowoso sangat terpikat. Bandung Bondowoso jatuh cinta dan ingin memperistri Roro Jonggrang yang merupakan gadis cantik jelita.

Kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang tidak berakhir bahagia. Pasalnya, Roro Jonggrang dikutuk menjadi arca karena tipu muslihat Roro Jonggrang pada Bandung Bondowoso.

Dikisahkan, Roro Jonggrang melakukan tipus muslihat untuk menggagalkan permintaannya terhadap Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang bersedia menjadi istri Bandung Bondowoso dengan dua syarat.

Syarat pertama membuat sumur yang dinamakan sumur Jalatunda. Syarat kedua membangun seribu candi dalam semalam.

Bandung Bondowoso menjalankan syarat tersebut dengan mudah, termasuk membangun seribu candi dalam semalam. Namun hal itu gagal karena Roro Jonggrang menumbuk padi dengan alu serta memerintahkan agar gundukan jerami di bakar di sisi timur.

Karena itu, Bandung Bondowoso gagal dan hanya bisa membangun 999 candi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut